• Rabu, 17 Agustus 2022

Dinkes Segera Tangani Pemberian Sertifikat Vaksin Tanpa Suntik di Mempawah

- Rabu, 16 Maret 2022 | 14:54 WIB
Mukhtar Siagian
Mukhtar Siagian

MEMPAWAH, insidepontianak.com -Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Mempawah, Jamiril, akan segera menangani perihal pemberian sertifikat vaksin Covid-19 tanpa disuntik kepada sejumlah warga di Desa Kuala Secapah, Selasa, (16/3/2022).

Kendati mengaku belum menerima laporan terkait itu, dia mengarahkan kepada stafnya untuk segera melakukan klarifikasi pascamencuat di media massa. Dia khawatir terjadi manipulasi sertifikat vaksin oleh oknum tertentu.

"Laporan belum ada, nanti akan kita tindaklanjuti. Saya sedang Rakerda dengan BKKBN di Pontianak. Hubungi juru bicara Satgas Covid-19," katanya melalui sambungan telepon.

Sementara, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Mempawah, Mukhtar Siagian mengatakan pihaknya memang belum menerima laporan apapun dari masyarakat tentang manipulasi sertifikat vaksin Covid-19 tersebut.

Dia bahkan menduga, bisa saja Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga tersebut digunakan oleh orang lain, karena itu pernah beberapa kali terjadi. Kendati demikian, dalam kasus kali ini justru warga sendirilah yang mengaku dapat sertifikat vaksin dari oknum perangkat desa tanpa disuntik.

"Kalau sudah ada laporan baru akan kita tindaklanjuti. Tapi sejauh ini belum ada yang melapor tentang permasalahan ini. Dulu banyak kejadian, NIK warga ini dipakai untuk nama orang lain mencetak sertifikat vaksin.
Ketentuannya, setiap yang mendapatkan sertifikat vaksinharus disuntik vaksin terlebih dahulu," pungkasnya. (Yak)

 

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X