• Senin, 27 Juni 2022

Kasus Pemerkosaan Tunawicara di Mempawah Masuk Tahap 1, Polisi Tunggu Hasil Tes DNA

- Selasa, 22 September 2020 | 14:20 WIB
pelecehan seksual
pelecehan seksual

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Kasus dugaan pemerkosaan yang dilakukan oleh F (54) terhadap seorang wanita tunawicara bawah umur di Kabupaten Mempawah terus bergulir. Berkas perkara sudah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Kejaksaan Negeri Mempawah.

"Kasus ini sudah memasuki tahap 1, berkas sudah kita serahkan ke Kejaksaan. Kita menunggu petunjuk dari JPU," kata Kasat Reskrim Polres Mempawah, AKP M Resky Rizal, Selasa (22/9/2020).

Dia mengatakan, korban yang sudah melahirkan seorang anak tersebut menempuh jalur hukum untuk mendapatkan keadilan. Pihak kepolisian sudah mengirimkan sampel DNA ke Laboratorium Forensik Mabes Polri untuk dijadikan barang bukti menjerat tersangka.

Sampai saat ini Polres Mempawah masih menunggu hasil tes DNA tersangka dan bayi yang dilahirkan korban. AKP M Resky Rizal mengatakan hasil tes DNA tersebut untuk membuktikan siapa ayah dari bayi tersebut sebenarnya dan sebagainya barang bukti utama.

"Kita masih menunggu hasil tes DNA yang kita kirimkan sebelumnya. Tersangka saat ini masih kita tahan di Polres Mempawah," katanya.

Sebelumnya diberitakan, terduga pelaku pemerkosaan berinisial F (54) kepada anak di bawah umur di Mempawah Timur sampai membuat korban melahirkan anak berusia satu bulan.

Korban yang ketika itu duduk di bangku SMP salah satu sekolah di Mempawah itu, sudah mendapatkan pendampingan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAID) Mempawah.

"Korban adalah seorang tunawicara, sejauh ini yang bisa kita maksimalkan adalah melakukan pengawasan kepada korban," kata Ketua KPAID Mempawah, Kusmayadi, Minggu (23/8/2020).

"Karena sekarang sudah melahirkan, maka hasil koordinasi kita dengan pihak kepolisian akan dilakukan tes DNA terhadap bayi tersebut, dalam waktu dekat rencananya petugas kepolisian akan berangkat ke Jakarta," tambahnya.

Kasus pencabulan ini terkuak setelah pelaku dilaporkan ke Polisi tanggal 29 Juni 2020 oleh orang tua korban, pelaku berhasil F kemudian ditangkap oleh anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Mempawah pada Sabtu (15/8/2020).

"Saat ini pihak kepolisian sedang mengumpulkan alat bukti dan memeriksa para saksi, sebelum dilimpahkan ke Kejaksaan," kata Paur Humas Polres Mempawah, Ipda Lidwina, SH, Minggu (23/8/2020) melalui keterangan tertulis.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Bupati Erlina Kukuhkan IPM Segedong

Jumat, 18 Maret 2022 | 18:00 WIB
X