• Rabu, 29 Juni 2022

Kanal Amsterdam, Kuburan Massal Sepeda Sisi Lain Transportasi Kota

- Senin, 23 Mei 2022 | 19:09 WIB
Sepeda menjadi transportasi kota favorit di Belanda. Ribuan diantaranya berakhir menjadi rongsokan di kanal Amsterdam.  (Pixabay.com)
Sepeda menjadi transportasi kota favorit di Belanda. Ribuan diantaranya berakhir menjadi rongsokan di kanal Amsterdam. (Pixabay.com)

AMSTERDAM, insidepontianak.com - Salah satu akun instagram belum lama ini mengunggah video pembersihan kanal Amsterdam yang mengeruk ratusan sepeda. Warga Amsterdam familiar menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi kota

Dalam video yang diunggah akun IG @sociataal, tampak mesin keruk sungai mengangkat ratusan bangkai sepeda dari dasar kanal Amsterdam. Selain sepeda, beragam transportasi kota seperti rongsokan scooter dan perahu juga diambil. 

Akun @sociataal yang banyak membagikan soal kebudayaan warga Belanda, menunjukkan bahwa kanal Amsterdam dan sepeda memiliki hubungan erat dalam struktur transportasi kota

Sekitar 78 persen dari keseluruhan populasi warga Amsterdam setidaknya memiliki satu sepeda.

Humor klasik di Amsterdam menyebutkan bahwa jumlah sepeda di salah satu kota tua di Belanda itu lebih banyak dibanding jumlah warga kota sendiri. 

Meskipun penduduk setempat cenderung menghargai dan melindungi sepeda sebagai aset transportasi, tidak dapat dihindari banyak sepeda yang berakhir tenggelam di kanal setiap tahun.

Diperkirakan ada sekitar 881 ribu sepeda di Amsterdam dengan jumlah penduduk 851.573 orang.

Meskipun secara statistik sulit menentukan jumlah pengendara sepeda yang melintasi kota setiap hari, dipastikan jumlahnya banyak sekali.

Kondisi geografi Amsterdam yang datar membuatnya sempurna untuk bersepeda. Kanal abad ke-17 yang terkenal di kota ini menyebabkan masalah serius bagi pengendara sepeda.

Sebab ada lebih dari 100 kilometer kanal di Amsterdam yang seringkali menyebabkan pengendara sepeda terpaksa memarkir sepeda di dekatnya.

Halaman:

Editor: Haksoro

Tags

Terkini

Bank Sampah di DKI Capai Tiga Ribu Titik

Selasa, 21 Juni 2022 | 21:43 WIB

Kualitas Udara Jakarta Masih Terburuk di Dunia

Senin, 20 Juni 2022 | 13:51 WIB

BMKG Pantau 11 Titik Panas di Kaltim

Jumat, 10 Juni 2022 | 20:01 WIB
X