• Senin, 27 Juni 2022

Pedagang di Taman Kota Ketapang Rasakan Manfaatkan SPLU yang Dibangun PLN

- Minggu, 14 Maret 2021 | 13:09 WIB
Taman Kota Ketapang
Taman Kota Ketapang

KETAPANG, i nsidepontianak.com - Sejak diluncurkan 2017 lalu, Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) memiliki peran penting dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM. Di Kota Ketapang misalnya. Para penggiat usaha di sana sudah merasa terbantu dengan hadirnya SPLU.

Ari (33), seorang pedagang kaki lima di kawasan taman kota Ketapang mengaku diuntungkan dengan hadirnya SPLU. Sejak SPLU dibangun, pedagang di kawasan taman kota Ketapang kata dia mudah memperoleh listrik.

“Saya sangat bersyukur sekali dengan adanya SPLU ini. Sangat praktis dan lebih aman. Daripada menggunakan aki yang harus dicas dulu, atau kalau ngambil dari tempat orang yang pasti harganya semau mereka,” ungkap Ari.

Hal senada dirasakan Ahmad Zaenudin (42). Pengusaha penyedia jasa penyewaan mainan anak-anak di alun-alun Sepakat, Kota Ketapang itu, menyebut  listrik yang dialirkan dari SPLU lebih aman untuk peralatan usahanya.  Karena lebih stabil dibandingkan  jika menggunakan aki.

“Sangat membantu sekali SPLU ini. Kalau bisa ditambah lagi jumlahnya. Karena, teman-teman di sini mengandalkan listrik dari SPLU semua. Kadang-kadang kalau lagi malam minggu, bisa tidak cukup, karena ramai yang berdagang,” ucap Ahmad Zaenudin.

Manajer PLN UP3 Ketapang, Sanggam Sinaga menyebut, pihaknya memang terus berusaha meningkatkan kemudahan dalam penyediaan tenaga listrik di area publik dengan sistem SPLU. Menurutnya, saat ini PLN UP3 Ketapang sudah memasang 15 box SPLU dengan total 48 Kwh meter. Tersebar di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

"Jumlah ini, akan terus bertambah seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan listrik di area publik," sebut Manajer PLN UP3 Ketapang, Sanggam Sinaga.

Di samping itu, pihaknya juga terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi PLN Mobile. Di mana dengan aplikasi ini, masyarakat akan mudah mendapatkan pelayanan listrik.  Seperti pembelian token, permohonan penambahan daya sampai pengaduan pelanggan, dan kemudahan layanan kelistrikan lainnya. (*)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X