• Selasa, 28 Juni 2022

Buat Akta Lahir, KIA hingga KK di Kayong Utara bisa di Puskesmas

- Jumat, 15 April 2022 | 15:51 WIB
Sosialisasi pelayanan catatan sipil di Puskesmas
Sosialisasi pelayanan catatan sipil di Puskesmas

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kayong Utara, gandeng Puskesmas-puskesmas, untuk pecepatan pembuatan akta lahir anak, kartu identitas anak atau KIA hingga pembuatan kartu keluarga (KK).

Kepala Disdukcapil Kayong Utara, Haslinda mengatakan, pelayanan akta lahir, KIA dan KK di puskesmas-puskesmas, merupakan suatu kebijakan untuk percepatan pencatatan sipil yang tertib di Kayong Utara.

“Sehingga bagi masyakat yang bertempat tinggal jauh dari pusat kota, tak perlu lagi datang mengurus ke Disdukcapil. Namun dapat mengurus beberapa dokumen kependudukan di Puskesmas terdekat saja,” kata Hasilnda, Jumat (25/4/2022).

Pelayanan dokumen catatan sipil di puskesmas-puskesmas juga sudah berbasis online yang terintegrasi dengan aplikasi Sidataokku.

“InsyaAllah mulai saat ini, layanan secara online juga telah hadir di seluruh fasilitas kesehatan puskesmas di KKU. Layanan yang diberikan meliputi, cetak akta kelahiran, kartu keluarga baru, KIA dan cetak akta kematian,” terang Haslinda.

Menurutnya, aplikasi Sidatokku sendiri sudah dilaunching pada 2021 di. Aplikasi ini diharapkan dapat menjangkau dan mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X