• Rabu, 7 Desember 2022

Atensi Kasus Polio, Dinkes Sanggau Rutin Kirim Sampel untuk Diperiksa sebagai Upaya Monitoring

- Kamis, 24 November 2022 | 16:08 WIB
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Sarimin Sitepu. (Insidepontianak.com/Candra Apriansyah)
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Sarimin Sitepu. (Insidepontianak.com/Candra Apriansyah)

SANGGAU, insidepontianak.com - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sanggau, Sarimin Sitepu menyebutkan sejauh ini Sanggau masih nihil kasus polio.

Meski demikian, Sarimin Sitepu memastikan terus melakukan pemantauan. Bahakan, pengambilan sampel pada anak rutin dilakukan sebagai upaya deteksi dini.

Baca Juga: KPU Sekadau Rilis Rancangan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD pada Pemilu 2024

"Surveilans termasuk aktif untuk memonitoring melalui pengambilan sampel yang selalu kita kirimkan ke laboratorium minimal tiga sampel dalam setahun. Sejauh ini, hasilnya masih negatif," kata Sarimin, Kamis (24/11/2022).

Sarimin mengatakan, meski dalam setahun biasanya hanya diminta pengiriman tiga sampel, tapi pihaknya tetap mengirimkan empat hingga lima sampel untuk melihat lebih jauh perkembangan polio di Kabupaten Sanggau.

Baca Juga: Prediksi Pertandingan Grup G Brazil vs Serbia Piala Dunia 2022 di Qatar

Ditanya mengenai pembentukan tim khusus terkait dengan kondisi polio yang menjadi isu nasional, Dinkes Sanggau, Dikatakannya, tidak ada tim khusus yang dibentuk. Pihaknya memaksimalkan tenaga di Puskesmas untuk terus memonitoring di wilayahnya.

"Kalau tim khusus tidak ada, rekan-rekan petugas di Puskesmas yang menjadi ujung tombak untuk monitoring, apabila ada temuan mesti segera dilaporkan agar dapat diambil langkah penanganan segera," terang Sarimin.

Baca Juga: Prediksi Pertandingan Grup H Portugal vs Ghana Piala Dunia 2022 di Qatar

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BKPRMI Sanggau Gelar Pelatihan ke Guru TK dan TPA

Senin, 5 Desember 2022 | 12:45 WIB

DPRD Sanggau Sahkan APBD 2023 Sebesar Rp1,8 Triliun

Selasa, 29 November 2022 | 20:43 WIB
X