• Rabu, 7 Desember 2022

Tjhai Chui Mie Resmikan Vihara Tri Dharma Sui Kheu Thai Pak Kung, Termegah di Kota Singkawang

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:51 WIB
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie meresmikan Vihara Tri Dharma Sui Kheu Thai Pak Kung di Jalan Raya Kulor, Selasa (4/10/2022).  (MC Singkawang)
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie meresmikan Vihara Tri Dharma Sui Kheu Thai Pak Kung di Jalan Raya Kulor, Selasa (4/10/2022). (MC Singkawang)

SINGKAWANG, insidepontianak.com - Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie meresmikan Vihara Tri Dharma Sui Kheu Thai Pak Kung di Jalan Raya Kulor, Selasa (4/10/2022). Vihara ini merupakan rumah ibadah bagi umat Tionghoa yang terbesar dan termegah yang dibangun di Kota Singkawang.

“Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, Vihara Tri Dharma Sui Kheu Thai Pak Kung di Kota Singkawang pada hari Selasa tanggal 4 Oktober 2022, saya nyatakan diresmikan penggunaannya. Semoga bermanfaat dan menambah ketenangan umat dalam menjalankan ibadah,” ujar Tjhai Chui Mie, Wali Kota Singkawang.

Pada kesempatan tersebut, Tjhai Chui Mie juga memberikan ucapan terimakasih kepada para donatur yang turut berperan andil dalam pengerjaan pembangunan vihara ini. Ia juga mengatakan kehadiran Vihara Tri Dharma Sui Kheu Thai Pak Kung akan menambah destinasi wisata religi yang memiliki multiplier effect perekonomian di Kota Singkawang.

Baca Juga: Pemkot Singkawang dan Miri Sarawak Bangun Kerjasama Bidang Pariwisata, Budaya dan Ekraf

“Dengan diresmikannya Vihara Tri Dharma Sui Kheu Thai Pak Kung ini tentu menambah satu lagi spot pariwisata. Karena selain digunakan untuk beribadah bagi umatnya, tempat ini juga bisa dijadikan tempat sosial dan juga sebagai tempat wisata. Multiplier effect yang kita rasakan beberapa hari ini sudah ramai pengunjung dari luar kota maupun luar negeri. Artinya kehadiran mereka sudah membantu menyumbangkan dan menambah pendapatan asli daerah dengan menginap di hotel dan berwisata di Kota Singkawang,” ujarnya.

“Selain itu, saya juga berterimakasih kepada para donatur, yaitu Jong Siauw Kong dan Jong Siauw Khiang serta seluruh donatur lainnya. Semoga dengan dibangunnya vihara ini menjadi tempat ibadah yang nyaman dan dapat meningkatkan iman umatnya,” tambahnya.

Perlu diketahui, proses pembangunan berlangsung selama kurang lebih 10 tahun dengan luas lahan seluas 6 hektare. Bahkan sebelum diresmikan, vihara ini telah dikunjungi oleh banyak wisatawan baik domestik maupun macanegara berkat daya tarik wisata yang dihadirkannya.

Peresmian Vihara Tri Dharma Sui Kheu Thai Pak Kung ini ditandai dengan berbagai prosesi, yaitu pelepasan balon, pembukaan tirai prasasti dan pengguntingan pita. Seusai prosesi tersebut, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie beserta para tamu undangan lainnya melihat-lihat kemegahan bangunan vihara tersebut. Selain itu, adapula pemberian 200 unit sepeda dan tas ransel kepada pelajar kota Singkawang oleh Gerakan Peduli Sesama (GeMa).

Selain Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, turut hadir Datuk Bandar Bandaraya (sebutan Wali Kota) Miri beserta rombongan, anggota DPR RI, Forkopimda, Pembina Masyarakat Buddha Provinsi Kalimantan Barat dan para tamu undangan lainnya.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: MC Singkawang

Tags

Terkini

X