• Rabu, 7 Desember 2022

Angka Putus Sekolah Tingkat SMP di Sanggau Capai 419 Siswa, Ini Penjelasan Disdikbud

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:21 WIB
Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMP Disdikbud Sanggau, Theofilus P. (Insidepontianak.com/Ist)
Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMP Disdikbud Sanggau, Theofilus P. (Insidepontianak.com/Ist)

SANGGAU, insidepontianak.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Disdikbud Sanggau mencatat, per April 2020 hingga Juni 2021, angka putus sekolah jenjang SMP tercatat sebanyak 419 anak.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMP Disdikbud Sanggau, Theofilus P mengungkapkan, tingginya kasus anak putus sekolah dalam dua tahun terakhir karena berbagai faktor.

Di antaranya pernikahan dini, bekerja, pengaruh lingkungan, minat bersekolah rendah, kurangnya perhatian orang tua, faktor budaya dan lokasi sekolah yang jauh, faktor ekonomi keluarga dan pelayanan pendidikan belum seratus persen menyentuh siswa yang mempunyai permasalahan.

Baca Juga: Jaga Sumber Air, Wabup Rizal Imbau Masyarakat Tak Lakukan Pembalakan Liar

"Ini beberapa faktor penyebab angka putus sekolah jenjang SMP di Sanggau yang menjadi atensi kami di Dinas," kata Theofilus.

Theofilus menegaskan, pihaknya tidak tinggal diam atas kasus anak putus sekolah. Kasus ini akan menjadi perhatian utuk dientaskan.

Adapun upaya yang akan dilakukan kata Theofilus yaitu memberikan beasiswa kepada anak yang rawan putus sekolah, memberikan pemahaman kepada siswa agar tidak melakukan pernikahan dini, memberikan edukasi pentingnya pendidikan kepada orang tua atau masyarakat melalui sekolah atau perangkat desa.

Baca Juga: Presiden Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan di RS Saiful Anwar, Ini Pesan yang Disampaikan Jokowi

Selanjutnya, pengentasan angka putus sekolah juga akan dilakukan dengan membangun sekolah bersama untuk menampung siswa yang jauh dari domisilinya.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BKPRMI Sanggau Gelar Pelatihan ke Guru TK dan TPA

Senin, 5 Desember 2022 | 12:45 WIB

DPRD Sanggau Sahkan APBD 2023 Sebesar Rp1,8 Triliun

Selasa, 29 November 2022 | 20:43 WIB
X