• Rabu, 7 Desember 2022

Angeline Fremalco Bangga, Tenun Sidan dan Sungkit Sabet Penghargaan dari Dekranas, Peluang Ekonomi Perajin

- Selasa, 27 September 2022 | 11:38 WIB
Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Angeline Fremalco (tengah kiri) saat menghadiri pameran kerajinan nusantara, di Jakarta
Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Angeline Fremalco (tengah kiri) saat menghadiri pameran kerajinan nusantara, di Jakarta

KAPUAS HULU, insidepontianak.com - Kain Tenun Sidan dan Tenun Sungkit asal Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat sabet penghargaan dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Dekranas mengapresiasi karya Tenun Sidan dan Tenun Sungkit asal Kabupaten Kapuas Hulu karena bahan pewarna yang digunakan masih alami, yakni menggunakan daun kratom.

"Tenun Sidan dan Sungkit sudah lama dikembangkan dan itu terbuat dari pewarna alami tumbuhan di Kapuas Hulu seperti daun kratom dan daun bunggur," kata Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Angeline Fremalco, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa (27/9/2022).

Angeline menyampaikan salah satu daerah pengembangan Kain Tenun Sidan dan Sungkit yaitu Desa Menua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu, yang merupakan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Dia mengatakan dalam berbagai kesempatan pameran kain tenun asal Kapuas Hulu selalu ditampilkan dan memiliki daya tarik tersendiri.

Bahkan baru-baru ini Tenun Sidan karya Yuliana Kinut dan Tenun Sungkit karya Yunita Marta meraih produk unggulan berpotensi yang diberikan Dekranas pada Pameran Kerajinan Nusantara 21- 25 September 2022, yang dibuka Ibu Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, di Jakarta.

Baca Juga: Dekranasda Kota Pontianak Timba Ilmu Tenun di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat

Menurutnya, Dekranasda Kapuas Hulu bersama Bupati Kapuas Hulu berkomitmen untuk mendorong pengembangan potensi kain tenun Kapuas Hulu.

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bersama Dekranasda Kapuas Hulu sudah mendirikan dan telah meresmikan gedung pusat promosi kerajinan Kapuas Hulu dengan tujuan mempermudah dalam pemasaran kerajinan yang ada di Kapuas Hulu.

Dia menilai potensi kerajinan tenun salah satu peluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat khusus para perajin.

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X