• Jumat, 2 Desember 2022

Mabes Polri Turun Tangan Ungkap Illegal Logging di Kalbar, Sita 1.050 Meter Kubik Kayu Olahan

- Sabtu, 24 September 2022 | 13:40 WIB
Direktur Tindak Pidana Tertentu Mabes Polri Brigjend Pol Pipit Rismanto merilis hasil pegungkapan kasus ilegal loging di Kalbar. (Insidepontianak.com/Ist)
Direktur Tindak Pidana Tertentu Mabes Polri Brigjend Pol Pipit Rismanto merilis hasil pegungkapan kasus ilegal loging di Kalbar. (Insidepontianak.com/Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Praktek Illegal Logging di Kalimantan Barat masih berlangsung. Buktinya, 1.050 meter kubik kayu olahan berbagai jenis kembali disita Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipiter) Bareskrim Mabes Polri.

Pengungkapan kasus ini dilakukan di dua perusahaan pengolahan kayu di Kubu Raya. Direktur Tindak Pidana Tertentu Mabes Polri Brigjend Pol Pipit Rismanto mengatakan, pengungkapan kasus itu dilakukan pada Rabu 7 September 2022.

Baca Juga: Usai Tuntaskan Kasus Pembunuhan Brigadir J, Polri Fokus Tiga Tugas Prioritas Akhir Tahun

Kala itu, tim menemukan truk bermuatan kayu olahan di gudang CV Sumber Mandiri Abadi, Jalan Trans Kalimantan, Kubu Raya.

Petugas pun lalu melakukan pemeriksaan. Namun truk bermuatan papan blok tersebut tak bisa menunjukkan dokumen berupa SKSHHK-KO dari CV Rimba Gemilang Indah.

Baca Juga: Satu Tahanan Rutan Makassar Melarikan Diri, Kanwil Kemenkumham Sulsel Periksa Petugas Pengamanan  

Dari sinilah penegakan hukum dilakukan. Tim Tipitter Mabes Polri turun tangan. Satu orang penyuplai kayu ditangkap. Sebab yang bersangkutan telah menggunakan SKSHHK-KO mengangkut kayu dengan truk yang sama dan dibongkar di CV Pusaka Damai Sentosa.

"Dengan temuan tersebut CV Rimbah Gemilang Indah telah melakukan tindak pidana pengangkutan kayu hasil hutan tanpa dilengkapi dokumen yang sah," terangnya.

Baca Juga: Satu Tahanan Rutan Makassar Melarikan Diri, Gunakan Selang Panjat Tembok dan Teralis Pembatas

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT EUP Jadi Pelanggan Premium PLN Terbesar di Kalbar

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:42 WIB
X