• Jumat, 2 Desember 2022

Festival Dragon Boat Digelar, Wali Kota Pontianak Dorong hingga Gaung Internasional

- Jumat, 23 September 2022 | 14:56 WIB
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono (kedua dari kanan) menabuh gendang bersama menandai dimulainya Festival Dragon Boat di Sungai Kapuas
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono (kedua dari kanan) menabuh gendang bersama menandai dimulainya Festival Dragon Boat di Sungai Kapuas

PONTIANAK, insidepontianak.com - Perhelatan olahraga yang ditunggu-tunggu, Festival Dragon Boat, akhirnya kembali digelar, diikuti 18 tim dari seluruh daerah di Kalimantan Barat.

Festival Dragon Boat atau olahraga dayung tersebut turut memeriahkan rangkaian acara Pesona Kulminasi di Kota Pontianak 2022.

Lintasan sepanjang 300 meter disiapkan bagi peserta di tengah daya pikat Sungai Kapuas. Ditabuhnya gendang oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan Komandan Lantamal (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Soeharto memulai secara simbolis semarak kompetisi.

“Semoga bisa menjadi event pariwisata Kota Pontianak, tidak hanya di provinsi tapi seluruh Indonesia hingga dunia. Karena kita punya Sungai Kapuas,” ucap Wali Kota Edi, di Taman Alun Kapuas, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga: Wa.....Prestasi! WTP Lebih dari 10 kali, Kota Pontianak Diganjar Penghargaan dari Menkeu Sri Mulyani

Kedepannya, penamaan Festival Dragon Boat akan diikuti dengan ciri khas Kota Pontianak, yaitu Khatulistiwa. Hal ini menurutnya merupakan bentuk city branding sekaligus menambah kesan konsep sport city.

“Masyarakat Kota Pontianak senang berolahraga, dan dengan adanya agenda ini membuat warga kian semangat berolahraga. Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berupaya untuk menyiapkan sarana dan prasarana olahraga di fasilitas umum seperti sekolah dan taman,” ungkap Wali Kota Edi.

Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto menerangkan, nama Khatulistiwa sudah identik dengan Kota Pontianak dan Sungai Kapuas. Membawa nama tersebut untuk go internasional dikatakannya, merupakan tanggung jawab seluruh pihak terkait.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak yang terlibat, sebenarnya sudah direncanakan untuk diadakan sejak bulan Maret namun kondisi pandemi kala itu,” ujar Wali Kota Edi.

Momentum Pesona Kulminasi diharapkan Soeharto sebagai stimulan bagi masyarakat untuk pulih dan bangkit, khususnya pada sektor ekonomi. Kemudian dirinya mengajak pembinaan olahraga dayung terus digalakkan.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT EUP Jadi Pelanggan Premium PLN Terbesar di Kalbar

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:42 WIB
X