• Senin, 3 Oktober 2022

Hadiri Robo-Robo di Kecamatan Mempawah Hulu, Samuel: Upaya Bersama Lestarikan Adat dan Budaya  

- Kamis, 22 September 2022 | 17:29 WIB
Gelar Budaya Robo-Robo, di Rumah Adat Melayu Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Rabu (21/9/2022). (Pemkab Landak)
Gelar Budaya Robo-Robo, di Rumah Adat Melayu Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Rabu (21/9/2022). (Pemkab Landak)

LANDAK, insidepontianak.com – Penjabat (Pj) Bupati Landak Samuel mengatakan kegiatan adat budaya Robo-Robo merupakan upaya bersama dalam melestarikan adat dan budaya yang dimiliki dan telah dilaksanakan secara turun temurun, hal ini disampaikan Samuel saat menghadiri, Gelar Budaya Robo-Robo, di Rumah Adat Melayu Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Rabu (21/9-2022).

“Saya sebagai Penjabat Bupati Landak sangat menyambut baik Gelar Robo-Robo yang sudah diadakan secara rutin setiap tahunnya, Ini merupakan upaya kita dalam melestarikan budaya dan adat yang selama ini sudah dilaksanakan,” ujar Samuel.

Samuel berharap dengan kegiatan ini, menjadi semangat kekeluargaan di Kecamatan Mempawah Hulu, khususnya di Desa Karangan, dapat terjalin dan menjadi ajang silaturahmi antar sesama masyarakat.

“Kalau kita tidak melestarikan budaya kita, nantinya anak cucu kita tidak akan mengerti tradisi-tradisi sakral yang sudah dilaksanakan sejak bertahun-tahun atau berabad-abad yang lalu,” terang Samuel.

Baca Juga: Gempa Guncang Landak Sudah Tiga Kali, Berikut Catatan BMKG

Samuel juga mengatakan nantinya Gelar Budaya Robo-Robo ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya serta dilaksanakan dan dikemas dengan lebih baik lagi untuk tahun-tahun kedepan.

“Hakekat dari acara Robo-Robo ini adalah untuk tolak bala, jadi diharapkan dengan kegiatan ini segala malapetaka, marabahaya, atau ancaman bencana tidak terjadi di Kabupaten Landak terkhususnya di Kecamatan Mempawah Hulu,” tutur Samuel.

Samuel meminta kedepannya kegiatan ini dapat dirangkaikan dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya dari masyarakat.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Landak mendukung seluruh kegiatan-kegiatan masyarakat yang memang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya, dan adat yang memang harus kita lestarikan. Budaya dan adat adalah warisan yang tidak bisa kita nilai harganya. Budaya adalah pemersatu masyarakat,” tutur Samuel.

Baca Juga: Tinjau Persiapan Pilkades Serentak, Samuel Pastikan Zoom Meeting dengan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Pemkab Landak

Tags

Terkini

X