• Jumat, 2 Desember 2022

Robo-robo, Wali Kota Pontianak Jalin Keakraban Sesama Warga! Ini Pesan Edi Kamtono

- Rabu, 21 September 2022 | 18:17 WIB
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berbaur makan bersama warga Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur pada acara robo-robo yang digelar warga
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berbaur makan bersama warga Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur pada acara robo-robo yang digelar warga

PONTIANAK, insidepontianak.com - Saprahan kue-kue tradisional terhampar di sepanjang Jalan Tanjung Harapan di lingkungan RW 07 Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur, Rabu (21/9/2022) pagi.

Kue-kue buatan warga beraneka ragam disajikan untuk merayakan robo-robo, di antaranya ketupat, kelepon, gamat, apam, putumayang, dokok-dokok, lepat ubi dan masih banyak lagi kue-kue tradisional lainnya.

Warga yang menghadiri robo-robo saling berbagi kue-kue yang dibawa mereka masing-masing.

Baca Juga: Ini Cara Jitu Perkenalkan Budaya Saprahan Sejak Dini untuk Siswa Kota Pontianak, Simak Di Sini

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang hadir di tengah-tengah warga larut dalam suasana akrab dan saling bersenda gurau bersama warganya.

Wali Kota Edi mengapresiasi inisiasi warga yang menggelar robo-robo sebagai wujud melestarikan budaya.

Robo-robo selain bertujuan sebagai tolak bala, mendapat keberkahan serta keselamatan dan kebaikan kepada sesama, juga mengandung makna memperkuat tali silaturahim yang telah terjalin. Makan bersama dalam tradisi robo-robo memiliki makna yang tinggi bagi masyarakat.

"Karena memberikan ikatan tali silaturahim kekeluargaan yang kuat, saling menghargai dan bisa memberikan semangat untuk menjalankan kehidupan sehari-hari," ujar Wali Kota Edi.

Menurut Wali Kota Edi, tradisi robo-robo ini juga memiliki potensi yang besar untuk diangkat sebagai event wisata dengan kemasan yang lebih menarik sehingga bisa menjadi daya tarik wisata.

Robo-robo ini juga menggugah rasa kebahagiaan dan kegembiraan masyarakat serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT EUP Jadi Pelanggan Premium PLN Terbesar di Kalbar

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:42 WIB
X