• Rabu, 7 Desember 2022

Bantah Pernyataaan DPRD Sebut Tunggakan Pajak Perusahaan Sawit Rp 7 Miliar, Bapenda: Yang Benar Rp 71 Juta

- Rabu, 21 September 2022 | 14:42 WIB
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sanggau, Wellem Suherman./Istimewa
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sanggau, Wellem Suherman./Istimewa

SANGGAU, insidepontianak.com - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sanggau, Wellem Suherman mambantah pernyataan Ketua Komisi II DPRD Sanggau, Hendrykus Bambang yang menyebutkan pajak terhutang salah satu perusahaan sawit di Sanggau Rp 7 Miliar.

"Saya minta dikoreksi, bukan Rp 7 Miliar, tapi kekurangan Bayar Rp.71.030.991, itu angka yang benar," kata Wellem Suherman saat mengklarifikasi berita sebelumnya yang berjudul ‘DPRD Sanggau Bocorkan Ada Perusahaan Sawit Bandel Tunggak Pajak Rp 7 Miliar. HGU Juga Belum Dilaporkan’di insidepontianak.com, Rabu (21/9/2022).

Wellem Suherman menerangkan, bahwa kekurangan pembayaran tersebut terjadi pada tahun 2021.

Baca Juga: DPRD Sanggau Bocorkan Ada Perusahaan Sawit Bandel Tunggak Pajak Rp 7 Miliar. HGU Juga Belum Dilaporkan

"Saya jelaskan, bahwa yang kurang bayar itu PBB-P2 itu pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, itu yang mereka (perusahaan) yang kurang bayar," jelas Wellem Suherman.

Wellem Suherman juga menjelaskan, untuk Hak Guna Bangunan (HGB) yang disebut belum dibayarkan itu yang benar adalah ada salah satu perusahaan tidak melanjutkan HGBnya karena tidak membayar kewajiban Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

"Karena tidak membayar BPHTB sehingga dengan sendirinya SK Menteri ATR itu gugur, jadi perusahaan ini tidak melanjutkan HGBnya. Dia harus mengurus dari awal lagi, dan tidak ada piutang di persoalan BHPTB ini," pungkasnya.

Sementara itu, saat di konfirmasi Ketua Komisi II DPRD Sanggau, Hendrykus Bambang menyebut, berdasarkan rapat kemarin, Kepala Bapenda memang menyebutkan angka Rp 7 Miliar.

"Tapi tadi beliau ngubungi saya bilang yang benar itu Rp 71 juta, yang diungkapkan dia kemarin menurut dia Rp 7 milyar sudah dibayarkan," ujar Bambang Hendrykus.***.

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BKPRMI Sanggau Gelar Pelatihan ke Guru TK dan TPA

Senin, 5 Desember 2022 | 12:45 WIB

DPRD Sanggau Sahkan APBD 2023 Sebesar Rp1,8 Triliun

Selasa, 29 November 2022 | 20:43 WIB
X