• Rabu, 7 Desember 2022

DPRD Sanggau Bocorkan Ada Perusahaan Sawit Bandel Tunggak Pajak Rp 7 Miliar. HGU Juga Belum Dilaporkan

- Rabu, 21 September 2022 | 08:16 WIB
 Ketua Komisi II DPRD Sanggau, Hendrykus Bambang
Ketua Komisi II DPRD Sanggau, Hendrykus Bambang

SANGGAU, insidepontianak.com - Ketua Komisi II DPRD Sanggau, Hendrykus Bambang menyampaikan ada perusahaan sawit di Kabupaten Sanggau yang menunggak membayar pajak PBB-P2, dengan nilainya cukup fantastis yaitu Rp 7 miliar.

"Ini perusahaan bandel menurut saya, karena PBB-P2 yang terhutang belum dilunasi, padahal Bapenda sudah berkali-kali menyurati perusahaan dimaksud," kata Hendrykus Bambang, Rabu (21/9/2022).

Hendrykus Bambang tidak menyebutkan nama perusahaan sawit yang dimaksud, namun dia memastikan bahwa perusahaan sawit ini milik swasta.

"Kita akan kejar terus perusahaan itu sampai mereka bayar. Dalam waktu dekat kami bersama, Asisten 2 Setda Sanggau, Bapenda dan Sat Pol PP akan mengunjungi perusahaan itu untuk menagih. Karena ini kewajiban perusahaan, tidak ada lagi tawar menawar," bebernya.

Baca Juga: Polisi Tangkap AM Tersangka Pembunuhan Karyawan Sawit PT BKP,  Awalnya Hendak Kabur ke Malaysia Lewat Entikong

Selain menunggak pajak PBB-P2, dikatakan Bambang, perusahaan dimaksud juga tidak melunasi pajak Hak Guna Bangunan (HGB), padahal perusahaan tersebut sudah terlebih dahulu beroperasi.

"Mereka belum bayar HGBnya tapi sudah beroperasi, itu pun dilanggar. Perusahaan yang tidak patuh seperti ini pasti kita kejar. Dan ini momentum bagi kita membenahi perusahaan-perusahaan bandel yang berinvestasi di Sanggau," tegasnya.

Baca Juga: GAPKI Kalbar Dukung Percepatan Peremajaan Sawit

Bambang mengungkapkan belum mendapatkan gambaran berapa nominal ekonomis atau terhutang yang belum dibayarkan pihak perusahaan.

"Karena mereka belum membuatkan laporan berapa luasan HGU mereka. Ini yang kita belum tahu. Yang jelas pasti kita tagih," pungkasnya. (Can)

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Insidepontianak.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BKPRMI Sanggau Gelar Pelatihan ke Guru TK dan TPA

Senin, 5 Desember 2022 | 12:45 WIB

DPRD Sanggau Sahkan APBD 2023 Sebesar Rp1,8 Triliun

Selasa, 29 November 2022 | 20:43 WIB
X