• Rabu, 7 Desember 2022

115 Ton Stok Cadangan Beras Sanggau, DKPTPHP: 400 Ton Siap Didistribusikan Oktober ini

- Senin, 19 September 2022 | 17:17 WIB
Seorang pedagang beras  (SMSolo/Joko Murdowo)
Seorang pedagang beras (SMSolo/Joko Murdowo)

SANGGAU, insidepontianak.com - Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa stok cadangan beras Sanggau saat ini sebanyak 115 ton.

"Dalam pemahaman kami, cadangan beras pemerintah daerah (CBPD) ini adalah dalam rangka akses masyarakat terhadap bahan pangan. Misalnya tadi kalau ada bencana alam," kata Kepala DKPTPHP Sanggau, Kubin, Senin (19/9/2022).

Kubin juga menjelaskan, berdasarkan informasi dari Bulog Sanggau pada saat rapat terkait inflasi inflasi daerah beberapa waktu lalu, pihaknya menyampaikan sekitar 400 beras ton beras akan didistribusikan ke gudang Bulog pada Oktober tahun ini.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Tol Km136, Polisi Duga Supir Mengantuk, Tidak Ada Jejak Pengereman

"Sementara sampai September ini, ada 200 ton di gudang mereka. Artinya kalau tidak terpakai, maka September dan Oktober, mereka punya stok 600 ton beras," terang Kubin.

Kubin menegaskan, Pemkab Sanggau sangat komitmen dalam menyediakan stok beras untuk akses pangan daerah bagi masyarakat. Khusus untuk Kabupaten Sanggau, disarankan untuk menyediakan 180 ton stok pangan beras pertahun.

"Itu kalau kami hitung dari jumlah penduduk saat ini, cukup untuk satu hari lebih," ujar Kubin.

Dia mengatakan stok cadangan beras Pemda Sanggau ini disimpan di gudang Bulog, lantaran pihaknya menggunakan sistem beli beras dan sewa gudang.

"Sistemnya kita sudah buat MoU dan sudah berjalan 5 tahun terakhir. Dan Bulog menjamin bahwa beras yang terbaik, ketika Pemda memerlukan," jelas Kubin.

Kubin menyebut sistem beli dan sewa gudang ini sangat menjamin bagi Pemda Sanggau, terutama terkait dengan pengelolaan gudang.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BKPRMI Sanggau Gelar Pelatihan ke Guru TK dan TPA

Senin, 5 Desember 2022 | 12:45 WIB

DPRD Sanggau Sahkan APBD 2023 Sebesar Rp1,8 Triliun

Selasa, 29 November 2022 | 20:43 WIB
X