• Jumat, 2 Desember 2022

Kapolres Bengkayang Abai Instruksi Kapolri Tuntaskan PETI, Pengamat Desak Kapolda Berikan Sanksi Tegas

- Sabtu, 17 September 2022 | 22:20 WIB
Eksavator yang digunakan untuk membantu proses evakuasi korban PETI di Bengkayang milik PT RHU.
Eksavator yang digunakan untuk membantu proses evakuasi korban PETI di Bengkayang milik PT RHU.

BENGKAYANG, insidepontianak.com - Pengamat hukum Universitas Panca Bhakti Pontianak, Herman Hofi Munawar mendesak Kapolda Kalbar memberi sanksi tegas kepada Kapolres Bengkayang karena masih ditemukannya aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin yang menyebabkan puluhan orang tertimbun longsor, di Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang, Bengkayang pada Kamis (15/9/2022)

Desakan ini ia sampaikan mengacu pada intruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.  Sebelumnya, Sigit mengancam akan mencopot Kapolres, Direktur, hingga Kapolda yang di daerahnya masih terjadi praktik judi, peredaran narkoba, pungutan liar pertambangan ilegal, hingga penyalahgunaan BBM dan LPG.

Menurut Herman, seluruh jajaran kepolisian harusnya tunduk lurus pada Intruksi Kapolri memberantas PETI hingga tuntas.

Baca Juga: Setelah Jatuh Korban Jiwa, Polres Bengkayang Baru Tangkap Pemilik PETI Lembah Bawang, Ini Kata Pengamat

"Tapi, ini masih terjadi di Bengkayang, salah satu bentuk perlawanan terhadap instruksi Kapolri," kata Herman Hofi Munawar, kepada insidepontianak.com, Sabtu (17/9/2022).

Untuk itulah, pihaknya sangat mendukung intruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk bersih-bersih di institusi kepolisian. Termasuk mencopot Kapolres yang diduga melakukan pembiaran. Walaupun setelah insiden ini Kapolres sudah menangkap pemilik eksapator.

"Harusnya menjadi parameter dalam penilaian seorang Kapolres, apa lagi masalah PETI  ini maslah  yang sangat serius," pungkasnya. (Andi)

Baca Juga: UPDATE PETI BENGKAYANG: Proses Evakuasi Korban Longsor Tambang Dihentikan Tanpa Hasil,Cuaca Buruk Jadi Kendala

Editor: Andi Ridwansyah

Tags

Terkini

Rumah Dinas Nakes di Bengkayang Terbakar

Rabu, 9 November 2022 | 19:14 WIB
X