• Jumat, 2 Desember 2022

PETI Bengkayang Makan Korban, Pengamat: Bukti Kelalaian Pemda, Aktivitas Gunakan Alat Berat

- Sabtu, 17 September 2022 | 14:37 WIB
Pencarian pekerja tambang emas ilegal atau PETI  di lembah Bawang Bengkayang tertimbun longsor terus dilakukan aparat gabungan. (Insidepontianak.com/Ist)
Pencarian pekerja tambang emas ilegal atau PETI di lembah Bawang Bengkayang tertimbun longsor terus dilakukan aparat gabungan. (Insidepontianak.com/Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pengamat Hukum, Herman Hofi Munawar menyebut, aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin atau PETI menyebabkan puluhan orang tertimbun longsor, di Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang, Bengkayang pada Kamis (15/9/2022) jadi bukti kelalaian Pemda.

Pemkab Bengkayang dianggap tak punya solusi menyiapkan lapangan pekerjaan lain kepada masyarakat selain.

"Terjadinya korban aktivitas PETI bisa dikatakan pembiaran. Ini indikator pemerintah tidak mampu menyalurkan pekerjaan lain selain PETI," kata Herman Hofi Munawar, kepada insidepontianak.com, Sabtu (17/9/2022).

Berdasarkan catatan insidepontianak.com, insiden PETI memakan korban, bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, 16 April lalu, enam orang juga tewas tertimbun di Desa Goa Boma, Kecamatan Mentrado, Bengkayang.

Baca Juga: Galian PETI Longsor di Bengkayang Timbun 20 Pekerja, Tujuh Tewas, Semua Warga Lembah Bawang

Menurut Herman, Pemda dan kepolisian sebetulnya sudah tau adanya aktivitas PETI di Desa Kinande dan tempat lain.

"Pemkab Bengkayang dan aparat kepolisian pasti sudah tau, mulai dari pencarian tempat sampai eksploitasi mengunakan alat berat,"terangnya.

Hanya saja yang dilakukan terkesan pembiaran. Bahkan, beberapa pihak menikmati keuntungan dari aktivitas tersebut. Sementara tidak ada upaya konkret yang bisa dilakukan.

"Tidak ada upaya nyata yang dilakukan pemerintah apakah melarang, atau menjadikan aktivitas PETI yang ilegal menjadi legal,"kata dia.

Baca Juga: UPDATE Pencarian Pekerja PETI di Bengkayang Tertimbun Longsor, 13 Orang Ditemukan, 7 Meninggal, 5 Luka-luka

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Insidepontianak.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Dinas Nakes di Bengkayang Terbakar

Rabu, 9 November 2022 | 19:14 WIB
X