• Rabu, 7 Desember 2022

Kabupaten Sanggau Menuju Keamanan Pangan, Ginting: Untuk Masyarakat Berkualitas

- Jumat, 16 September 2022 | 16:09 WIB
Kadis Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting saat membuka secara resmi acara Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Keamanan Pangan bagi Masyarakat, Kamis (15/09/2022) di aula Hotel Garden Palace Sanggau./Istimewa
Kadis Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting saat membuka secara resmi acara Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Keamanan Pangan bagi Masyarakat, Kamis (15/09/2022) di aula Hotel Garden Palace Sanggau./Istimewa

SANGGAU, insidepontianak.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting menyampaikan keamanan pangan itu tujuannya adalah untuk menyehatkan, ketika pangan itu tidak aman, maka bukan kesehatan yang didapat masyarakat, tapi penyakit, bahkan bisa menimbulkan kematian.

Demikian disampaikan Ginting saat membuka secara resmi acara Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Keamanan Pangan bagi Masyarakat, Kamis (15/09/2022) di aula Hotel Garden Palace Sanggau.

Ginting mengatakan, makanan yang tidak aman berdampak negatif dalam waktu singkat, yang sering disebut Kejadian Luar Biasa (KLB) atau juga dalam waktu lama.

Baca Juga: BPBD Bengkayang Laporkan 7 Pekerja PETI Lembah Bawang Tewas Tertimbun, Lima Luka-luka

"Jadi bisa menyebabkan kanker, kerusakan organ ginjal, itu di saat makanan mengandung hal yang tak mendukung kesehatan," jelasnya.

Ginting juga mengungkapkan, pada September 2022 sudah terjadi lima kasus keracunan makanan di Kabupaten Sanggau. Hanya saja tak terlalu terekspos lantaran dampaknya tak banyak dan tidak menyebabkan korban jiwa.

"Tapi ada lima keracunan makanan. Kalau beberapa tahun lalu banyak kejadian-kejadian yang sampai makan korban, baik di Sanggau di Kalbar, peristiwa-peristiwa yang menggemparkan terkait pangan ini," bebernya

Ginting menerangkan, keamanan pangan harus aman dari tiga aspek pencemaran yaitu biologis, kimia, maupun fisika.

“Jika makanan itu basi, artinya tidak aman secara biologis. Kalau mengandung pewarna yang dilarang, itu pencemaran kimia. Kalau ada jarum pentul masuk ke makanan itu pencemaran fisika," jelasnya.

Baca Juga: Tes Piskologi: Kamu Punya Ketakutan tapi Tak Tidak Sadar! Pilih Gelembung dan Temukan Sumber Ketakutan Kamu!

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BKPRMI Sanggau Gelar Pelatihan ke Guru TK dan TPA

Senin, 5 Desember 2022 | 12:45 WIB

DPRD Sanggau Sahkan APBD 2023 Sebesar Rp1,8 Triliun

Selasa, 29 November 2022 | 20:43 WIB
X