• Rabu, 7 Desember 2022

Ekowisata Penyu Pantai Tanjung, BPPD Kalbar: Maksimalkan Peran Pemuda dalam Ekonomi Lokal

- Senin, 5 September 2022 | 06:00 WIB
Optimalisasi Peran Kelompok Pemuda Dalam  Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Pengelolaan Ekowisata Penyu di Kawasan Perbatasan Kabupaten Sambas/Inside Pontianak
Optimalisasi Peran Kelompok Pemuda Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Pengelolaan Ekowisata Penyu di Kawasan Perbatasan Kabupaten Sambas/Inside Pontianak

PONTIANAK, insidepontianak.com - Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD Kalbar) menggelar optimalisasi peran kelompok pemuda dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan ekowisata Penyu di Kawasan Perbatasan Kabupaten Sambas, belum lama ini.

Kegiatan yang digelar BPPD Kalimantan Barat di Pantai Tanjung Api Desa Sebubus Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas, Kalbar dengan tema “Optimalisasi Peran Kelompok Pemuda Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Pengelolaan Ekowisata Penyu di Kawasan Perbatasan Kabupaten Sambas".

Kegiatan ini bertujuan dalam meningkatkan upaya perekonomian lokal yang dikemas dengan adanya hutan cemara yang juga merupakan kawasan zona inti penyu dengan menghadirkan nara sumber dari Dinas Kelautan Kalbar hingga stakeholder.

Baca Juga: Diprotes Warga Soal Pembangunan Jembatan, Plt Kadis PUPR Kayong Utara Minta Maaf, Ini Sebabnya

Menurut Kepala BPPD Kalbar Alexander Rombunang, kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi para pemuda terkait ekowisata di kawasan konservasi penyu di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Ekowisata adalah perjalanan yang bertanggung jawab dalam lingkungan sekitar, menopang kesejahteraan masyarakat setempat yang melibatkan interprestasi serta pendidikan lingkungan hidup.

"Konsep ekowisata memadukan tiga komponen penting yaitu konservasi alam, pemberdayaan masyarakat lokal dan peningkatan kesadaran lingkungan hidup," ungkap Alexander Rombunang saat lewat zoom meeting saat membuka kegiatan koordinasi jejaring pemuda dalam pengelolaan ekowisata penyu di Kecamatan Paloh.

Dijelaskannya, mempertahankan keberadaan penyu tidak hanya dapat diberikan tanggung jawab kepada satu dinas saja melainkan bersama-sama stakeholder lain.

"Menjadi tugas bersama dalam menjaga habitat penyu, khususnya di kawasan yang juga kami dukung sebagai kawasan wisata di Dusun Tanjung Api Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas," tegas Alexander Rombunang.

Ditambahkan Alexander Rombunang melalui kegiatan ini pula terciptanya usaha perlindungan dan harmonisasi dalam perlindungan hutan pantai.

"Terutama perlindungan dan konservasi penyu dalam pengembangan ekowisata dengan melibatkan generasi muda dan para pemangku kepentingan sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat setempat," papar Alexander Rombunang.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Pencuri Kabel Waterfon Kapuas Indah Ditangkap

Selasa, 6 Desember 2022 | 22:34 WIB

Bupati Sambas Satono akan Subsidi Biaya PPG Guru Agama

Selasa, 6 Desember 2022 | 22:27 WIB
X