• Minggu, 25 September 2022

Sinar Mas Agribusiness and Food Sediakan Fasilitas Air Bersih untuk Warga Desa Sentabai

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:33 WIB
Sinar Mas Agribusiness and Food menggelar acara serah terima unit-unit instalasi kepada masyarakat setempat yang berlangsung di Desa Sentabai.  (Sinar Mas)
Sinar Mas Agribusiness and Food menggelar acara serah terima unit-unit instalasi kepada masyarakat setempat yang berlangsung di Desa Sentabai. (Sinar Mas)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Melalui Program Sanitasi, Air Bersih, Aman dan Sehat atau SAHABAT, Sinar Mas Agribusiness and Food telah menyelesaikan pembangunan sistem sanitasi, air mengalir serta pemasangan penyaringan air minum bagi 80 keluarga di Desa Sentabai, Kecamatan Silat Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar.

Hal ini memungkinkan masyarakat setempat untuk mengakses air bersih yang mengalir dengan lebih mudah dan cepat, mendapatkan manfaat dari sistem sanitasi yang lebih baik, serta akses air minum yang aman di area-area umum.

Bersama dengan tim Safe Water Garden, sebagai tim pelaksana, sebanyak 30 unit sistem sanitasi, 20 unit instalasi air bersih dan 49 unit penyaringan air minum telah selesai dipasang dan diberikan kepada masyarakat Dusun Sentabai, Dusun Putat, Dusun Tekalong, dan Dusun Jentu, di Desa Sentabai, Kapuas Hulu, Kalbar.

Untuk menandai telah selesainya pembangunan instalasi tersebut, Sinar Mas Agribusiness and Food menggelar acara serah terima unit-unit instalasi kepada masyarakat setempat yang berlangsung di Desa Sentabai.

Benny Setiawan, Deputy CEO PSM Kalbar mengatakan, kesejahteraan masyarakat di sekitar area operasional perusahaan merupakan salah satu prioritas utama pihaknya. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan keterlibatan dari berbagai pihak termasuk keterlibatan dari masyarakat.

“Dalam proses pembangunan sistem sanitasi Safe Water Garden, kami melakukan pelatihan kepada warga-warga setempat sehingga terjadi transfer pengetahuan. Dengan pengetahuan yang telah didapat warga diharapkan adanya proses replikasi pembangunan sistem sanitasi ini ke warga-warga lain yang membutuhkan,” ungkap Benny Setiawan, belum lama ini.

Dalam kegiatan seremoni serah terima program SAHABAT, dua warga Desa Sentabai mendapatkan sertifikasi dari tim Safe Water Garden yang memberikan pengakuan atas kemampuan mereka untuk membangun sistem sanitasi Safe Water Garden dari tahapan pembangunan, kebutuhan peralatan serta mengatasi masalah bila ada kerusakan yang terjadi.

Yohanes Awing, Kepala Dusun Jentu, Desa Sentabai, mengungkapkan bahwa inisiatif ini sangat membantu masyarakat desa dalam upaya mendapatkan kemudahan akses air bersih dan sanitasi yang lebih baik di rumah.

“Saya berharap kebiasaan Mandi, Cuci, Kakus (MCK) masyarakat juga dapat berubah menjadi lebih baik,” kata Yonanes.

Sementara Sopiah, warga Dusun Jentu, Desa Sentabai mengatakan, masyarakat sangat bersyukur kini memiliki akses air bersih. Sebelumnya, warga harus ke sungai untuk mendapatkan air bersih yang mengalir, yang semakin sulit saat musim kemarau.

Halaman:

Editor: Haksoro

Sumber: Insidepontianak.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X