• Minggu, 25 September 2022

Rutan Kelas 2B Bengkayang Kelebihan Kapasitas Hingga Ratusan Penghuni

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:38 WIB
Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2 B di Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang.  (Baruna)
Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2 B di Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang. (Baruna)

BENGKAYANG, Insidepontianak.com - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2 B di Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang mengalami overload atau kelebihan kapasitas hingga ratusan penghuni. Rutan yang seharusnya diisi 120 warga binaan, kini diisi sampai 246 warga binaan.

"Per hari ini ada 246 warga binaan. Harusnya kapasitas maksimal 120 warga binaan," kata Kepala Rutan Kelas 2 B Bengkayang, Chandra Wiharto, Kamis (10/8/2022).

Namun, Kepala Rutan Chandra memastikan pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di dalam rumah tahanan.

Ia pun merinci, total petugas di Rutan Kelas 2 B Bengkayang sebanyak 40 orang, termasuk pejabat struktural.

Dengan jumlah anggota yang sedikit itu, dan kondisi kapasitas hunian warga binaan yang terus bertambah, Chandra selalu menekankan kepada seluruh petugas pengamanan, untuk terus meningkatkan kontrol keliling yang ketat setiap saat, dan di blok-blok sel, agar menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Baca Juga: Camat Sanggau Ledo Pastikan Hewan Ternak di Wilayahnya Terbebas dari PMK

"Patroli keliling yang kita tekankan saat ini melihat kondisi Rutan yang melebihi kapasitas penghuni," terangnya.

Chandra menambahkan, meski kapasitas penghuni overload, upaya penekanan kontrol keliling yang ketat oleh petugas terutama di pintu utama membuahkan hasil.

Salah satunya contohnya petugas berhasil menggagalkan penyelundupan Narkoba dalam kemasan deodoran pekan lalu, dengan modus pelaku menyelipkan empat klip transparan berisi sabu dan pil ekstasi dalam kemasan deodoran tersebut.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Tags

Terkini

X