• Minggu, 25 September 2022

Camat Sanggau Ledo Pastikan Hewan Ternak di Wilayahnya Terbebas dari PMK

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:58 WIB
Camat Sanggau Ledo, Dedy Renaldy (Baruna)
Camat Sanggau Ledo, Dedy Renaldy (Baruna)

BENGKAYANG, Insidepontianak.com - Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang diketahui merupakan daerah penyuplai hewan ternak terbanyak di Kabupaten Bengkayang. Untuk kebutuhan hewan kurban saja, sekitar 400 ekor lebih hewan ternak yang dikirim ke tiap kecamatan bahkan antar kabupaten.

Camat Sanggau Ledo, Dedy Renaldy memastikan, hewan ternak di Kecamatan Sanggau Ledo hingga saat ini terbebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Dengan maraknya PMK ini, saya pastikan wilayah Sanggau Ledo aman dari Wabah tersebut," kata Dedy Renaldy, Kamis (11/8/2022).

Dedy menyampaikan, pihaknya memastikan hewan ternak di wilayah Sanggau Ledo terbebas dari PMK, lantaran pihaknya beserta Polsek setempat terus memonitoring dengan melakukan pengawasan, pengadaan sarana-prasarana yang diperlukan hingga penyuntikan vaksin hewan.

Baca Juga: Komisi III DPRD Bengkayang Panggil Disdikbud terkait Keluhan SMPN 4 Bengkayang

Ia pun menyebut telah bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat, jika membeli atau membawa sapi dari luar daerah, harus diperiksa secara teliti. Harus mempunya surat keterangan kesehatan hewan atau SKKH.

"Yang jelas sampai saat ini tak ada terdeteksi wabah PMK di Sanggau Ledo, dan kita bahu-membahu mencegah masuknya wabah tersebut di wilayah Sanggau Ledo," tegasnya. (Baruna)

Baca Juga: DPRD Tegaskan akan Kawal Terus Terkait Persoalan SMPN 4 Bengkayang

Editor: Andi Ridwansyah

Tags

Terkini

X