• Senin, 3 Oktober 2022

PPL di Sambas Juara Satu Kompetisi Video Pertanian Seluruh Indonesia

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:07 WIB
Cuplikan video Pahit di Hati Manis di Buah Naga karya Darma Irawan, PPL Desa Dungun Laut dan Sentebang, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, Kamis (11/8/2022). (Insidepontianak.com/Ist)
Cuplikan video Pahit di Hati Manis di Buah Naga karya Darma Irawan, PPL Desa Dungun Laut dan Sentebang, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, Kamis (11/8/2022). (Insidepontianak.com/Ist)

SAMBAS, insidepontianak.com - Darma Irawan, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Dungun Laut dan Sentebang, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, berhasil meraih juara satu se-Indonesia dalam ajang Kompetisi Video Pertanian yang dimotori oleh Kementerian Pertanian, Kamis (11/8/2022).

Lewat video berjudul 'Pahit di Hati Manis di Buah Naga', Darma Irawan dan rekannya yang terdiri dari petani muda, konten kreator, hingga pemain sineas lokal, memerankan adegan yang menceritakan tentang seorang pemuda perbatasan yang sukses membudidayakan buah naga.

Baca Juga: Tak Senonoh, Pria di Pontianak Tunjukan Kelamin usai Ngintip Gadis 14 Tahun Ganti Pakaian

Pemuda tersebut berhasil mengubah hidupnya yang dulu bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia lalu pulang ke kampung halamannya akibat pandemi Covid-19. Meskipun banyak penilaian meragukan dari masyarakat, pemuda tersebut nekat menanam buah naga.

"Keberhasilan dalam memenangkan Kompetisi Video Pertanian yang digagas Badan Penyuluhan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian ini berkat kerja keras teman-teman semua yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Mulai dari sutradara, pemeran film, hingga para petani muda yang mendukung," kata Darma Irawan.

Baca Juga: Petani Sawit Ngeluh TBS Masih di Bawah Rp2 Ribu, Mendag Zulkifli Dinilai Tak Tepati Janji

Darma Irawan mengatakan, hadiah pemenang Kompetisi Video Pertanian tersebut akan diserahkan bertepatan dengan momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 atau 18 Agustus 2022 mendatang.

Walaupun belum menerima hadiah, para pemenang sudah diumumkan lebih dulu di platform YouTube aplikasi komunitas Kementerian Pertanian yaitu Lumbungin.

"Video yang kita kirimkan berhasil masuk 60 nominator seluruh Indonesia yang diseleksi oleh tim juri," ujar Darmawan Irawan.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X