• Minggu, 25 September 2022

Pemkab Ketapang akan Jadikan Grebeg Suro Wayang Kulit Agenda Rutin Tahunan

- Senin, 8 Agustus 2022 | 15:07 WIB
Sekda Ketapang, Alexander Wilyo buka kegiatan pagelaran Grebeg Suro Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan lakon "Semar Bangun Kayangan" Minggu (07/08/2022). (Insidepontianak.com/Ist)
Sekda Ketapang, Alexander Wilyo buka kegiatan pagelaran Grebeg Suro Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan lakon "Semar Bangun Kayangan" Minggu (07/08/2022). (Insidepontianak.com/Ist)

KETAPANG, insidepontianak.com - Sekda Ketapang, Alexander Wilyo menyampaikan, pagelaran Grebek Suro Wayang Kulit di Rumah Joglo Paguyuban Jawa Ketapang, akan dijadikan agenda rutin tahunan.

Ini disampaikan Sekda Alexander Wilyo saat membuka pagelaran Grebeg Suro Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan lakon "Semar Bangun Kayangan" Minggu (07/08/2022).

Kegiatan Wayang Kulit Semalam Suntuk ini merupakan rangkaian dari ulang tahun Keluarga Besar Jawa Kabupaten Ketapang yang ke-25, yang dirangkaikan dengan peringatan 1 Suro dan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah.

Baca Juga: Masyarakat Tolak Perubahan Nama Pelabuhan Internasional Kijing, IJW: Bisa Gugat ke PTUN

Sekda Alexander Wilyo dalam sambutannya mengatakan, bahwa pagelaran ini sebagai bagian dari promosi budaya untuk melestarikan budaya daerah.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat kepada para pelaku seni dan budaya tradisional agar secara continue terlibat dalam pelestarian seni dan budaya daerah," harapnya.

Ia pun memastikan Pemerintah Kabupaten Ketapang memiliki komitmen yang kuat untuk terus mendorong dan membudayakan potensi budaya di Kabupaten Ketapang, agar tetap lestari dan terus berkembang serta dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat secara luas.

Baca Juga: Kasus Dugaan Pembunuhan Bendahara KONI Kayong Utara Belum Terungkap, Keluarga Minta Polisi Tangkap Pelaku

"Maka, sebagai wujud kebudayaan tersebut setiap tahun pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengalokasikan anggaran fasilitasi pelaksanaan acara seni budaya seluruh paguyuban etnis yang ada di Kabupaten Ketapang," katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Hari Hilang, Nelayan Sungai Pawan Ditemukan Tewas

Kamis, 22 September 2022 | 14:18 WIB
X