• Senin, 3 Oktober 2022

Warga Mempawah Merasa Dilecehkan, Perubahan Nama Pelabuhan Internasional Kijing Abaikan Aspirasi Mereka

- Senin, 8 Agustus 2022 | 11:22 WIB
Pelabuhan Internasional Kijing di Kabupaten Mempawah. (Insidepontianak.com/Ist)
Pelabuhan Internasional Kijing di Kabupaten Mempawah. (Insidepontianak.com/Ist)

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Menjelang peresmian pelabuhan internasional di Pantai Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, oleh Presiden Jokowi Selasa 9 Agustus 2022, sejumlah kalangan justru keberatan dengan pemberian nama Pelabuhan Tanjungpura.

Mulanya, pelabuhan internasional yang dibangun pemerintah pusat tersebut dikenal masyarakat dengan nama Pelabuhan Internasional Kijing, karena lokasinya yang berada di Pantai Kijing dan lebih familiar dengan kultur sosial masyarakat Kabupaten Mempawah.

Pemberian nama Tanjungpura sebagai pengganti nama Pelabuhan Internasional Kijing tersebut dianggap merendahkan dan melecehkan masyarakat Mempawah, karena dinilai mengabaikan aspirasi masyarakat yang sebelumnya sudah disepakati dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunker ke Pontianak Besok, Kendaraan Roda Enam Dilarang Beroperasi

"Tindakan melakukan perubahan nama Pelabuhan Internasional Kijing menjadi Pelabuhan Tanjungpura adalah salah satu tindakan pelecehan dan merendahkan masyarakat Kabupaten Mempawah," kata Maman Suratman, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mempawah Berani, Minggu (7/9/2022).

Maman mengatakan, Pantai Kijing sebelum terkenal karena dibangun pelabuhan internasional sudah menjadi destinasi wisata masyarakat.

Namun begitu, pelabuhan selesai dibangun dan kawasan tersebut menjadi terkenal seluruh Indonesia, mengapa namanya harus dirubah menjadi Pelabuhan Tanjungpura.

Baca Juga: Tes Logika: Tak Masuk Akal Gambar Berikut! Temukan 5 Kesalahan dalam Ilustarsi Ini dalam 15 Detik! Bisa?

"Kami warga Mempawah tidak setuju jika diberi nama Tanjungpura," ucapnya.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X