• Sabtu, 1 Oktober 2022

Pagelaran Seni Budaya Bugis Cerminan Keberagaman di Singkawang

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:49 WIB
 Pagelaran Seni Budaya Bugis tahun 2022 di Rumah Adat Melayu Singkawang, Sabtu (6/8/2022). (MC Singkawang )
Pagelaran Seni Budaya Bugis tahun 2022 di Rumah Adat Melayu Singkawang, Sabtu (6/8/2022). (MC Singkawang )

 

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Wakil Wali Kota Singkawang Irwan mengatakan Pagelaran Seni Budaya Bugis menjadi cerminan betapa hebatnya Kota Singkawang yang memiliki keberagaman suku dan budaya.

Hal itu disampaikan Irwan pada kegiatan Pagelaran Seni Budaya Bugis tahun 2022 di Rumah Adat Melayu Singkawang, Sabtu (6/8/2022).

Pagelaran ini diinisiasi oleh Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) Kota Singkawang dengan mengangkat tema “Maringngerrang Ade’ Abiasang Maruddani Risilesureng” yang bermakna Mengenang Adat Istiadat Merindukan Saudara.

Irwan menambahkan pagelaran budaya seperti ini senada dengan visi dan misi Kota Singkawang mengedepankan harmonisasi dalam kehidupan keberagaman agama, etnis dan budaya.

“Saya sangat bangga, secara sosial kultural Singkawang memiliki masyarakat yang heterogen. Terbukti dengan adanya tujuh belas paguyuban bisa dibilang Kota Singkawang layaknya miniatur Indonesia,” katanya.

Is pun mengucapkan terimakasih dan apresiasi tinggi kepada seluruh panitia yang telah berusaha untuk mensukseskan kegiatan Pagelaran Seni Budaya Bugis ini yang sempat beberapa kali mengalami penundaan.

“Saya merasa bahagia sekali dengan terselenggaranya kegiatan pagelaran ini yang mana beberapa kali sebelumnya mengalami penundaan. Terimakasih saya ucapkan atas kerja keras dari seluruh panitia dan kawan-kawan semua," ujarnya.

Ia berharap momentum ini selain sebagai alat untuk mengekspresikan kecintaan terhadap budaya leluhur dapat juga menjadi pemicu bagi suku-suku lain untuk berani menampilkan keindahan budayanya serta menjadi tali perekat persaudaraan bukan hanya untuk suku bugis tapi juga untuk semua kalangan masyarakat khususnya Kota Singkawang.

“Momentum ini semoga dapat menjadi pemecu bagi suku-suku lain untuk menngeksplor budayanya. Dan selain mengekspresikan, semoga dapat menjadi tali perekat persaudaraan kita semua," harapnya.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: MC Singkawang

Tags

Terkini

Polres Singkawang Kembali Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 30 September 2022 | 20:21 WIB
X