• Senin, 3 Oktober 2022

Warga Mempawah Meradang, Nama Pelabuhan Internasional Kijing Berubah jadi Pelabuhan Tanjungpura

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:58 WIB
Pelabuhan Internasional Kijing di Kabupaten Mempawah. (Insidepontianak.com/Ist)
Pelabuhan Internasional Kijing di Kabupaten Mempawah. (Insidepontianak.com/Ist)

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Warga Mempawah meradang, nama Pelabuhan Internasional Kijing yang akan diresmikan Presiden Jokowi Selasa 9 Agustus 2022 di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), berubah menjadi Pelabuhan Tanjungpura.

Perubahan nama Pelabuhan Internasional Kijing menjadi Pelabuhan Tanjungpura tersebut diketahui dari surat undangan yang tersebar di masyarakat.

Baca Juga: Penikaman dan Pencurian di Komplek Griya Husada Kubu Raya, Pelaku Junior Korban di Polnep

Di mana, lembar kulit muka undangan tersebut menyebutkan agenda utama kegiatan adalah peresmian Pelabuhan Tanjungpura oleh Presiden Jokowi.

Warga menilai, nama Tanjungpura sama sekali tidak cocok dengan kearifan lokal. Harusnya, nama yang cocok adalah Pelabuhan Internasional Kijing.

Karena sesuai dengan lokasi pelabuhan tersebut dibangun di Pantai Kijing, dan sudah dikenal masyarakat luas sejak awal.

Foto undangan peresmian Pelabuhan Tanjungpura di Kabupaten Mempawah beredar di tengah masyarakat. Perubahan nama Pelabuhan Internasional Kijing itu tuai protes dari masyarakat. (Insidepontianak.com/Ist)

"Kami minta Pemprov Kalbar mengusulkan nama pelabuhan kepada Presiden Jokowi sesuai hasil rapat Bupati Mempawah dan perwakilan tokoh masyarakat yakni Pelabuhan Internasional Kijing," kata Maman Suratman, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mempawah Berani, Minggu (7/8/2022).

"Kami menolak penamaan pelabuhan menjadi Pelabuhan Tanjungpura sebagaimana yang diusulkan Pemprov Kalbar kepada Presiden Jokowi. Alasannya, Tanjungpura adalah nama kerajaan di Mulia Kerta Ketapang, yang tidak ada sangkut pautnya dengan Kabupaten Mempawah," sambungnya.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X