• Rabu, 10 Agustus 2022

Siswa SMPN 4 Bengkayang Belajar di Lantai, Pengamat Pertanyakan Misi Bupati Darwis Ciptakan SDM Unggul

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:35 WIB
Dosen STKIP-PGRI Pontianak, Anwar Rube'i. (Insidepontianak.com/Ist)
Dosen STKIP-PGRI Pontianak, Anwar Rube'i. (Insidepontianak.com/Ist)

Bengkayang, insidepontianak.com - Pengamat pendidikan Kalbar, Muhammad Anwar Rubei mengaku miris dan sedih dengan potret pendidikan di SMPN 4 Bengkayang yang siswanya belajar di lantai, karena tak punya meja kursi, dan numpang di sekolah swasta.

Menurutnya, potret pendidikan di SMPN 4 Bengkayang, bertolak belakang dengan visi misi Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis yang ingin menciptakan SDM Unggul dan menjadikan Bengkayang sebagai daerah pendidikan.

"Sangat miris melihat kondisi belajar siswa di sana. Motivasi dan semangat belajar mereka tidak didukung dengan fasilitas belajar yang layak," kata Anwar Rubei kepada insidepontianak.com, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: Kasus Dugaan Suap dan Gratifikasi di Mamberamo Tengah, KPK Konfirmasi Saksi Soal Aktivitas Kedinasan RHP

Dosen IKIP PGRI Pontianak itu pun mempertanyakan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Apalagi sudah berlangsung relatif lama, tapi belum ada solusi yang ditawarkan Pemerintah Kabupaten Bengkayang menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang baik.

Menurut Anwar, Kabupaten Bengkayang masih memiliki banyak persoalan di bidang pendidikan. Salah satunya, persoalan masalah buta huruf, walaupun proporsinya cenderung menurun.

Selain itu, persolan pendidikan lainnya di Kabupaten Bengkyang menurut Anwar yaitu sarana dan pra sarana sekolah yang belum memadai. Terkhusus di daerah pelosok.

"Padahal kita ketahui bahwa Bupati Bengkayang telah mewacanakan dan memproyeksikan Kabupaten Bengkayang sebagai kota Pendidikan," kata Anwar Rube’i.

Baca Juga: Tim Siber Polri Periksa 10 Handphone Terkait Kematian Brigadir J

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disdik Janji Bangun Gedung SMPN 4 Bengkayang di 2023

Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:01 WIB
X