• Rabu, 10 Agustus 2022

Banjir Merendam Ratusan Rumah Penduduk di Desa Semangau Kabupaten Sambas

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:05 WIB
Foto udara banjir di Desa Semangau, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas, Jumat (5/8/2022). (Insidepontianak.com/Facebook Desa Semangau)
Foto udara banjir di Desa Semangau, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas, Jumat (5/8/2022). (Insidepontianak.com/Facebook Desa Semangau)

SAMBAS, insidepontianak.com - Ratusan rumah penduduk di Desa Semangau, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalbar, terendam banjir. Akibatnya aktivitas ekonomi masyarakat lumpuh, Jumat (5/8/2022).

"Kita tidak bisa ke mana-mana hari ini. Genangan banjir selutut orang dewasa merendam hampir seluruh rumah penduduk. Bencana banjir ini disebabkan hujan deras yang melanda semalaman," kata Adi, warga setempat kepada Insidepontianak.com.

Adi mengatakan, sepekan belakangan intensitas hujan cukup tinggi di Kabupaten Sambas. Debit air sungai di Desa Semangau sudah mulai naik ke jalan-jalan gang.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Dunia Anjlok di Bawah 90 Dolar Per Barel, Jatuh ke Level Terendah Sejak Invansi Ukraina

Namun di sore hari air berangsur surut kembali. Tapi, ketika hujan deras melanda Kamis (4/8/2022) malam, banjir langsung merendam rumah penduduk.

"Untuk sementara, kami warga sini masih menunggu bantuan. Sudah ada beberapa yang diberi mi instan. Tapi belum merata. Mudah-mudahan cepat. Karena kami butuh makanan pokok saja dulu," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan Logistik, Badan Penaggulangan Bencana Daerah atau BPBD Sambas, Efizar saat diwawancarai mengatakan, pihaknya telah menerima sejumlah laporan banjir dari berbagai kecamatan.

Baca Juga: Melkianus Terpilih Sebagai Wabup Sintang

"Adapun laporan yang sudah masuk dari kecamatan yaitu Selakau Timur, Tebas, Sebawi, dan Galing. Tapi, ini masih bersifat sementara dan akan kita tunggu. Bantuan belum disalurkan karena kita masih menunggu data dari kecamatan," katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X