• Rabu, 10 Agustus 2022

Lanud Harry Hadisoemantri di Sanggau Ledo Bengkayang Siap Jadi Jalur Perintis Transportasi Antarkota di Kalbar

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:40 WIB
Uji coba landing dan takeoff pesawat Cassa C208B di Runway  Lanud Harry Hadisoemantri, Sanggau Ledo, Kalimatan Barat, Kamis (5/8/2022). (Insidepontianak.com/Teguh Agung Baruna)
Uji coba landing dan takeoff pesawat Cassa C208B di Runway Lanud Harry Hadisoemantri, Sanggau Ledo, Kalimatan Barat, Kamis (5/8/2022). (Insidepontianak.com/Teguh Agung Baruna)

BENGKAYANG, insidepontianak.com - Pangkalan Angkatan Udara Harry Hadisoemantri (HAD), di Dusun Bange, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang dipersiapkan menjadi jalur transportasi udara perintis antarkota di Kalimantan Barat.

Uji coba landing dan takeoff pesawat Cassa C208B di Runway Lanud Harry Hadisoemantri, Sanggau Ledo, itu pun telah dilakukan pada Kamis (5/8/2022).

Komandan Lanud Harry Hadisoemantri Letkol Nav W.P Pujo Wahono mengatakan, landasan penerbangan di Lanud Hary Hadisoemantri cukup mewah untuk level penerbangan perintis.

Sehingga untuk dilakukan pengembangan bandara perintis sudah cukup layak dan memungkinkan.

Baca Juga: Tes Psikologi: Kamu Punya Karakter yang Mengganggu Orang Lain? Ingin Disukai? Bisa, Cek Di Sini

"Tanpa harus menambah infrastruktur lain yang ada, hanya memanfaatkan fasilitas yang sudah ada di pangkalan TNI angkatan udara ini, sudah bisa mendukung penerbangan Bandara Perintis dilakukan," ucap Pujo Wahono, Jumat (5/8/2022).

Ia pun menilai, kesiapan dukungan operasional penerbangan dari Lanud Harri Hadisoemantri sudah cukup standar. Karena juga memiliki run way yang cukup panjang, yaitu mencapai 900×30 meter persegi.

"Kita juga mempunyai APRON untuk 3 pesawat, kemudian operator ATC dengan kualifikasi junior dan senior, fasilitas meteorologi dan base resque, sehingga untuk mendukung penerbangan perintis sudah cukup dan layak," tambahnya.

Ia berharap, ke depannya Bandara Perintis ini bisa memiliki rute penerbangan perintis yang menjadi penghubung antar kota di Kalbar. Misalnya Bengkayang-Pontianak atau Bengkayang-Singkawang.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disdik Janji Bangun Gedung SMPN 4 Bengkayang di 2023

Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:01 WIB
X