• Jumat, 12 Agustus 2022

Jembatan Raut Hulu Desa Raut Muara Roboh, BMSDA Sanggau Segera Turunkan Tim Lapangan

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:10 WIB
Beginilah kondisi jembatan raut hulu muara Desa Raut Muara Kecamatan Sekayam yang Roboh./ Istimewa
Beginilah kondisi jembatan raut hulu muara Desa Raut Muara Kecamatan Sekayam yang Roboh./ Istimewa

SANGGAU, insidepontianak.com - Jembatan Raut Hulu Dusun Seka, Desa Raut Muara, Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat rusak berat diterjang banjir bandang beberapa pekan lalu.

Jembatan Raut Hulu Dusun Seka yang dibangun tahun 2006 silam melalui dana BNPP itu merupakan akses satu-satunya warga menuju ke pusat desa.

"Jembatan Raut Hulu Dusun Seka ini roboh di tahun 2021 lalu dihantam banjir bandang. Sudah diperiksa dari BPBD tapi masih bisa di lalui, setelah di sambung lagi ujungnya pakai kayu dengan gotong royong warga, jembatan bisa digunakan lagi," kata Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Raut Muara Kecamatan Sekayam, Endang Firdaus kepada insidepontianak.com, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Bupati Satono Resmikan Jembatan Berkemajuan Non APBD di Pemangkat dan Selakau

Endang Firdaus menuturkan, setelah diperbaiki pada tahun 2021 lalu, tanggal 26 Juli 2022, jembatan kembali ambruk total. Akibatnya warga yang selama ini menggantungkan lalu lintas kesehariannya melalui jembatan tersebut terpaksa membuat jalan alternatif.

"Jembatan ini satu-satunya akses kami ke pusat desa, termasuk kegiatan pembangunan infrastruktur di tempat kami terganggu karena sulitnya membawa bahan material bangunan," ujar Endang Firdaus.

Endang Firdaus berharap, Pemerintah segera melakukan perbaikan mengingat jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses warga menuju pusat Desa.

"Untuk jalur transportasi warga dari Dusun Masa Selangai ke pusat desa dan atau ke kecamatan kami bersama warga gotong royong membuat jalan alternatif di bagian hilir jembatan yang ambruk, tapi kalau nanti jika sudah musim hujan jalan ini juga tidak bisa di lalui karena air sungai bisa tinggi, sekarang musim kemarau jadi masih bisa di lalui," ungkap Endang Firdaus.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Sanggau, H. John Hendri menyampaikan akan segera menurunkan tim ke lapangan untuk mengecek kondisi jembatan.

Baca Juga: Investor Siap Bangun Jembatan Garuda Hubungkan Bardan-Siantan, Seperti Apa Bentuknya? Cek Di Sini

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X