• Sabtu, 1 Oktober 2022

Pemkab Kubu Raya Andalkan LPM untuk Gerakkan Pembangunan Desa

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 20:48 WIB
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa se Kabupaten Kubu Raya, Rabu (3/8/2022) di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya. (Jaka Iswara)
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa se Kabupaten Kubu Raya, Rabu (3/8/2022) di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya. (Jaka Iswara)

 

  KUBU RAYA, insidepontianak.com - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menungkapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya sangat mengandalkan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa, karena salah satu yang memiliki peran strategis untuk lebih cepat menggerakkan pembangunan di desa.

LPM ini orang-orang yang paling sering diajak komunisi degan kepala desa, dan saya tau, LPM ini lebih banyak memberikan masukan secara informal. Artinya, orang yang berpengaruh dengan kebijakan di desa dan menjaganya,” kata Muda usai membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa se Kabupaten Kubu Raya, Rabu (3/8/2022) di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya.

Lebih lanjut Bupati Muda kembali menegaskan Pemkab Kubu Raya mengandalkan LPM desa, untuk itulah Pemkab Kubu Raya menggelar kegiatan ini dengan mengundang seluruh LPM desa se Kabupaten Kubu Raya untuk meningkatan kapasaitasnya.

Baca Juga: Camat Sungai Kakap Beri Bonus ke Peserta Berprestasi di MTQ VIII Kubu Raya

“Agar kita bisa menyatukan Langkah, di desa perlu kita maksimalkan, agar perencanaan-perencanaan yang setiap tahun disusun benar-benar dieksekusi dan realisasinya cepat, sasarannya pun juga tepat,” ujar Bupati Muda.

Bupati Muda mengharapkan LPM juga membantu untuk memperkuat data di tingkat desa, melalui tenaga penggerak data informasi geospasial desa, sehingga juga akan memperkuat system data di tingkat kabupaten.

LPM ini kita harapkan agar lebih banyak inisiatif dan lebih memperluas perannya, namun tidak menabrak kewenangan. LPM ini pleksibel, ikut merencanakan, tapi bisa langsung yang ikut melaksanakannya,” kata Bupati Muda.

Menurut Bupati Muda peran LPM bukan hanya pembangunan yang bersifat fisik saja, tapi juga ikut berperan dalam pembangunan nonfisik.

“Nama juga lembaga pemberdayaan, jadi semua mesti diberdayakan. LPM seharunya berinisiati dan mengurus bantu, agar tidak dibiarkan,” kata Bupati Muda.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Tags

Terkini

Sekda Yusran Apresiasi Kiprah FKUB Kubu Raya

Selasa, 13 September 2022 | 16:46 WIB

Harga BBM Naik, Inflasi di Kubu Raya Masih Terkendali

Selasa, 6 September 2022 | 12:59 WIB

Merintis Taman Baca, Mendekatkan Buku kepada Anak

Senin, 29 Agustus 2022 | 19:05 WIB
X