• Sabtu, 1 Oktober 2022

Menparekraf Optimis UMKM Kubu Raya Bergerak Mempercepat Peningkatan Ekonomi Masyarakat

- Minggu, 31 Juli 2022 | 12:56 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno memberikan sambutan pada kegiatan pelatihan ekonomi kreatif Mengelola Tanaman Lidah Buaya (Aloevera) yang merupakan Produk Lokal Menjadi Sabun untuk Kecantikan’, Minggu (31/7/2022). (Jaka Iswara)
Menparekraf Sandiaga Uno memberikan sambutan pada kegiatan pelatihan ekonomi kreatif Mengelola Tanaman Lidah Buaya (Aloevera) yang merupakan Produk Lokal Menjadi Sabun untuk Kecantikan’, Minggu (31/7/2022). (Jaka Iswara)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Kubu Raya pada kegiatan pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang dilaksanakan oleh Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Minggu (31/7/2022).

Pada kunker itu, Menparekraf Sandiaga Uno meninjau pelaksanaan pelatihan ekonomi kreatif Mengelola Tanaman Lidah Buaya (Aloevera) yang merupakan Produk Lokal Menjadi Sabun untuk Kecantikan’.

Menparekraf Sandiaga Uno optimis UMKM Kubu Raya terus bergerak dan mempercepat perekonomian daerah Kabupaten Kubu Raya, melalui produk yang dihasilkan dari pelaku UMKM di daerah itu.

“Saat ini jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64 juta, 61 persen ekonomi Indoensia didorong oleh UMKM. Sementara sebanyak 97 persen lapangan pekerjaan bukan berasal dari perusahaan besar, namun dari usaha kreatif masyarakat, yaitu hasil UMKM ibu-ibu semua,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno, saat memberikan sambutan, di Aula Kantor Bupati Kubu Raya.

Baca Juga: Kunker ke Kubu Raya, Menparekraf Disambut dengan Lagu dan Tarian Pesan Mendunia

Menparekraf Sandiaga Uno menegaskan, sebesar 60 persen UMKM di Indoensia, didorong melalui kontes kreatif bersama Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) dan UMKM mandiri. Sandiaga Uno menginginkan produk UMKM yang sudah dihasilkan masyarakat Kubu Raya bisa didigitalisasi

“Sehingga bisa dijual di platform-platform digital,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Selain itu Menparekraf juga mendorong pelaku UMKM Kubu Raya untuk mengetahui target pasar saat ini, dan mampu memperluas pasarnya, serta mengifisienkan biaya produksinya sehingga tidak boros. 

"Saat ini UMKM kita dorong bersama dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indoensia agar terdigitalisasi 30 juta dan akan menciptakan 2 juta lapangan pekerjaan baru,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno. (Jek)

Baca Juga: Pemkab Kubu Raya Dorong Program Inkubasi Wakaf Produktif dengan Memperkuat Sistem Pendataan

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Tags

Terkini

Sekda Yusran Apresiasi Kiprah FKUB Kubu Raya

Selasa, 13 September 2022 | 16:46 WIB

Harga BBM Naik, Inflasi di Kubu Raya Masih Terkendali

Selasa, 6 September 2022 | 12:59 WIB

Merintis Taman Baca, Mendekatkan Buku kepada Anak

Senin, 29 Agustus 2022 | 19:05 WIB
X