• Sabtu, 1 Oktober 2022

Penonton Terpukau, 16 Musisi Mainkan Sape Skill Dewa Meriahkan Gawai Dayak Kabupaten Sintang 2022

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 19:02 WIB
Salah satu peserta memainkan alat musik sape Pekan Gawai Dayak ke IX 2022 di Betang Jerora Satu, Sabtu (30/07/2022) (insidepontianak.com)
Salah satu peserta memainkan alat musik sape Pekan Gawai Dayak ke IX 2022 di Betang Jerora Satu, Sabtu (30/07/2022) (insidepontianak.com)

SINTANG, insidepotianak.com - Para penonton festival lomba musik sape terpukau dengan aksi peserta lomba. Sape merupakan alat musik tradisional khas Dayak.

terpukau karena para peserta lomba memainkan alat musik sape ini dengan skill dewa, tepatnya saat memainkan sape dengan lagu Borneo Happiness karya Baby Borneo dan Wonderfull Borneo karya Thambunesia.

Festival alat musik sape ini digelar dalam rangkaian Pekan Gawai Dayak ke IX 2022 di Betang Jerora Satu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Sabtu, (30/07/2022).

Koordinator Seksi Lomba Sape, Florensius Deo, selama seminggu pendaftaran lomba sape dan ada 16 peserta yang mendaftar, termasuk pria dan wanita.

Baca Juga: Wabup Ontot Hadiri Gawai Dayak XI di Kabupaten Sekadau, Ini Pesan untuk Bupati Aron

Pada ajang lomba musik sape ini, panitia sudah menyiapkan satu lagu wajib yang akan dimainkan oleh peserta lomba, antara lain Datun Julud.

Sedangkan untuk lagu pilihan ada lima yang akan dimainkan peserta, yakni Borneo Happiness karya Baby Borneo, Miah Reho karya Je Sape ft John Berepot, Asa karya Feri Irawan, Wonderfull Borneo karya Thambunesia dan lagu Abut Ku Nang Edo karya Sadely Barage.

Florensius menambahkan, semua peserta wajib memainkan satu lagu wajib dan satu lagu pilihan. Pun demikian pada saat lomba dimulai, para peserta wajib menggunakan pakaian adat Dayak.

"Lagu pilihan atau lagu wajib maksimal durasi 2 menit dimainkan," kata Florensius Deo.

Baca Juga: Gawai Ritual Adat Dayak Nosu Minu Podi ke-XVIII Ditutup, Wabup Ontot Harap Masyarakat Junjung Adat Dan Budaya

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Insidepontianak.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Melkianus Terpilih Sebagai Wabup Sintang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:48 WIB
X