• Senin, 3 Oktober 2022

Kapal Angkutan Penumpang Rasau Jaya - Teluk Batang Juga Dihentikan, Ini Penjelasan Dishub Kayong Utara

- Minggu, 24 Juli 2022 | 20:08 WIB
Pelabuhan Teluk Batang Kayong Utara (Insidepontianak.com/Muhammad Fauzi)
Pelabuhan Teluk Batang Kayong Utara (Insidepontianak.com/Muhammad Fauzi)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Seluruh angkutan kapal motor maupun speed boat rute Rasau Jaya-Teluk Batang, yang berhenti beroperasi sejak Minggu (24/7/2022).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Sungai Teluk Batang, Dinas Perhubungan Kayong Utara, Dahlan membenarkan.

Menurutnya, penghentian operasional angkutan air Rasau Jaya-Teluk Batang dan sebaliknya disebabkan izin berlayar tidak lagi dikeluarkan oleh kabupaten atau kota.

"Untuk sementara ini klotok tidak jalan, off dulu. Karena mereka tidak mempunyai Surat Izin Berlayar (SIB). Pemberian SIB diambil BPTD, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD),” kata Dahlan.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Pakai Kendaraan Listrik, PLN Gelar Parade di Bali

“Jadi kalau mereka berlayar mereka tidak memiliki payung hukum, jadi ini yang dikhawatirkan seperti itu," ucapnya.

Ia pun tak mengetahui sampai kapan masalah ini berlangsung. Namun menurut dia, jika izin SIB tak dikantongi maka kapal tersebut  tak dapat beroprasi.

"Pengusaha baru berlayar sampai dapat surat persetujuan berlayar dari BPTD, itu Info sementara yang saya terima dari Balai Pengelolah Transportasi Darat(BPTD) Kemenhub yang ada di Terminal Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat," jelas Dahlan.

Terpisah, salah satu pemilik usaha angkutan air speed boat di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Ax mengaku baru mengetahui sisitin izin berlayar dikeluarkan Balai Pengelolah Transportasi Darat (BPTD) Kemenhub.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X