• Sabtu, 1 Oktober 2022

Dewan Pemuda Lintas Etnis Sintang Resmi Terbentuk, Ini Pesan Bupati Jarot Winarno untuk DPLE

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 11:39 WIB
Dewan Pemuda Lintas Etnis (DPLE) resmi dibentuk dengan melibatkan pemuda dari berbagai etnis di Kabupaten Sintang, belum lama ini.
Dewan Pemuda Lintas Etnis (DPLE) resmi dibentuk dengan melibatkan pemuda dari berbagai etnis di Kabupaten Sintang, belum lama ini.

SINTANG, insidepontianak.com - Dewan Pemuda Lintas Etnis (DPLE) resmi dibentuk dengan melibatkan pemuda dari berbagai etnis di Kabupaten Sintang, belum lama ini.

Dewan Pemuda Lintas Etnis nantinya adalah satu wadah untuk menjaga keharmonisan masyarakat antar etnis di Kabupaten Sintang.

Salah seorang Deklarator DPLE Sintang, Dedy Suripto, menjelaskan forum tersebut telah menghimpun sebanyak 10 etnis besar yang ada di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.
Tercatat, 10 etnis yang terlibat adalah Dayak, Melayu, Tionghoa, Jawa, Bugis, Sunda, Ambon, Batak, Minang, dan Madura.

“Pastinya ke depan, kita akan melibatkan pemuda-pemuda dari etnis lain untuk bergabung ke DPLE,” kata Dedy Suripto saat dijumpai seusai Deklarasi DPLE di Pendopo Bupati Sintang, Kamis lalu.

Baca Juga: Tes IQ: Ayo, Mimin Butuh si Otak Cerdas! Bantu Temukan Burung Hantu dengan Karakteristik yang Berbeda

Dedy Suriptomenuturkan, dalam waktu dekat, DPLE Sintang bakal mengadakan kegiatan bersama untuk mempererat jalinan kekerabatan antar pemuda etnis tersebut.

“Semua masih kita jajaki dan kita rangkul. Selama visi misi dalam membangun Sintang lebih kita ajak gabung dalam rangka harmonisasi itu," ujar Dedy Suripto.

Di tempat yang sama, Majelis Tinggi DPP DPLE Kalbar Guntur Perdana menyebut Kabupaten Sintang merupakan daerah pertama yang dibentuk DPLE. Terbentuknya DPLE ini diharapkan Guntur dapat menginspirasi daerah-daerah lain untuk turut membentuk forum yang sama.

Hal sama juga diungkap anggota DPLE Sintang lainnya, Guntur. Wadah ini dibentuk tujuan utama dalah mampu berperan dalam mewujudkan masyarakat Sintang yang toleran dan menghargai perbedaan.

“Tentu kita berharap agar DPLE dapat menjadi peredam konflik, terutama yang berpotensi merusak kerukunan antar etnis,” kata Guntur.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Melkianus Terpilih Sebagai Wabup Sintang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:48 WIB
X