• Minggu, 25 September 2022

Sarnawi Turut Evakuasi 30 Penumpang Speed Boat Sinergy yang Terdampar di Pulau Pelintu

- Minggu, 17 Juli 2022 | 17:33 WIB
Ketua DPRD bersama Kapolres Kayong Utara, dan masyarakat saat melakukan evakuasi penumpang Speedboat Sinergy.  ((Ist))
Ketua DPRD bersama Kapolres Kayong Utara, dan masyarakat saat melakukan evakuasi penumpang Speedboat Sinergy. ((Ist))

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Ketua DPRD Kayong Utara Sarnawi turut turun mengevakuasi 30 penumpang Speed Boat Sinergy yang terdampar di Pulau Pelintu Desa Gunung Sembilan Kecamatan Sukadana, setelah di hentam ombak besar dan angin kencang pada Sabtu (16/7/2022) sore.

Sarnawi bersama Kapolres Kayong Utara, BPBD dan masyarakat mengaku kesulitan saat mengevakuasi melalui darat, terlebih medan perbukitan dan semak-semak membuat tim sulit menjangkau lokasi.

“Evakuasi sulit karena lokasi perbukitan, semak-semak hutan. Ditambah lagi, saat evakuasi hari sudah gelap,” ungkap Sarnawi, Minggu (17/7/2022). 

Ia berharap, musibah ini dapat menjadi pelajaran bagi seluruh pengusaha angkutan air lainnya. Untuk selalu memeriksa kondisi angkutan, baik Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kondisi cuaca saat melakukan perjalanan.

“BBM harus dipastikan tersedia cukup, kalau perlu persiapan BBM cadangan. kalau cuaca tidak mendukung sebaiknya naik (Berlabuh) di Teluk Batang atau Melano,” pesannya.

Ia juga mengapresiasi Kapolres, BPBD Kayong Utara dan masyarakat yang peduli dengan musibah yang terjadi Sabtu sore tersebut. Sehingga seluruh penumpang speedboat dapat dievakuasi dengan cepat, walapun kondisi medan yang sulit.

Baca Juga: Update Peristiwa Speed Boat yang Dihantam Ombak Besar di Kayong Utara: Satu Korban Cidera, Tapi Selamat!

Kapolres Kayong Utara AKBP Arief Hidayat juga mengingatkan, seluruh jasa angkutan air untuk selalu memperhatikan kondisi kapal saat melakukan pelayaran. Karena menurutnya, keselamatan penumpang menjadi hal utama.

“Pengusaha transportasi membekali BBM yang cukup. membawa BBM cadangan untuk antisipasi keadaan cuaca buruk dan gelombang yang tinggi, sehingga bisa mencari pelabuhan yang terdekat.  dan dilakukan pengecekan manifes terhadap calon penumpang supaya tidak terjadi over kapasitas penumpang dan barang,” pesannya.

AKBP Arief Hidayat menambahkan Speedboat Sinergy tersebut berangkat dari Pelabuhan Kapuas Indah, Kota Pontianak dengan tujuan Sukadana Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara dengan membawa 30 penumpang terdiri dari 25 dewasa, 5 anak.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Tags

Terkini

X