• Rabu, 10 Agustus 2022

Sulit Cari BBM Solar, Pengusaha Transportasi Air di Kayong Utara Lelang Seluruh Kapal

- Senin, 27 Juni 2022 | 18:10 WIB
KM Sukadana Raya dilelang oleh pemiliknya, Iswandi karena tidak bisa beroperasi lagi melayani transportasi masyarakat di Kayong Utara karena sulitnya mendapatkan BBM jenis solar. (Insidepontianak.com/Ist)
KM Sukadana Raya dilelang oleh pemiliknya, Iswandi karena tidak bisa beroperasi lagi melayani transportasi masyarakat di Kayong Utara karena sulitnya mendapatkan BBM jenis solar. (Insidepontianak.com/Ist)

KAYONG UTARA, Insidepontianak.com - Pengusaha transportasi air KM Sukadana Raya, Iswandi melelang seluruh kapal miliknya.

Keputusan itu terpaksa dia lakukan. Karena kapal yang biasanya digunakan untuk usaha transportasi mengangkut orang dan barang tak lagi berjalan. Sebabnya, karena sulit mendapatkan BBM Solar.

Sedangkan, selama kapal tak beroperasi, butuh biaya perawatan yang cukup besar. Dari pada membebani, Iswandi pun menjual kapal-kapalnya.

Baca Juga: Meriahkan HUT Kayong Utara ke 15, IKAHUT Untan KKU Tanam Pohon Lestarikan Lingkungan

"Tidak ada pilihan lagi, dari pada kapal buruk (rusak) di pelabuhan tak bisa jalan karena tak ada solar, lebih bagus saya lelang saja," kata Iswandi lirih, Senin (27/6/2022).

Menurutnya, pemerintah seakan tak punya solusi atasi kelangkaan Solar. Bahkan, pengusaha transportasi air di Kayong Utara sudah beberapa kali melakukan audiensi, agar persoalan kelangkaan solar ini ada solusinya.

Namun, sampai hari ini tak tak ada juga pasokan solar untuk pengusaha transportasi air. Akibatnya kepal-kapal angkutan menganggur. Terancam lapuk bertambat di pelabuhan. Dari pada rugi, Iswandi pun putuskan jual saja kapal-kapalnya, mumpung masih ada yang mau beli.

Baca Juga: Wujudkan Kota Pontianak Sport City, Wali Kota Edi Berencana Bangun Lapangan Mini Soccer di Tiap Sekolah

"Dulu kita masih bisa beli solar dengan pengecer. Sekarang tidak ada lagi. Kosong. di Pontianak juga dibatasi, kadang-kadang dapat, kadang-kadang juga tidak," tuturnya.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X