• Rabu, 17 Agustus 2022

Disbunak Sanggau Pastikan Hewan Kurban Cukup Bahkan Surplus

- Senin, 27 Juni 2022 | 15:20 WIB
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunak) Sanggau, Dadan Sumarna./ Inside Pontianak.
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunak) Sanggau, Dadan Sumarna./ Inside Pontianak.

SANGGAU, insidepontianak.com - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Sanggau memastikan ketersediaan stok hewan kurban di Sanggau sudah Cukup bahkan surplus.

"Saat ini, stok sapi terdata 741 ekor hewan kurban lokal yang kita miliki. Kalau yang dari luar kemungkinan dari Sekadau, kalau untuk luar Provinsi kita stop dulu," kata kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunak) Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Dadan Sumarna, Senin (27/6/2022).

Dadan Sumarna mengatakan, jumlah hewan kurban pada tahun 2022 ini tidak jauh berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Boyong 7 Medali, Kodrat Sanggau Runner Up Kejurda Kalimantan Barat

"Prediksi kami kurang lebih sama kalau dibandingkan tahun 2021, bahkan berdasarkan data ada penambahan," ujar Dadan Sumarna.

Dadan Sumarna mengungkapkan, pada tahun 2021 lalu, jumlah hewan kurban yang terdata sekitar 500 an ekor untuk sapi dan kambing sekitar 200 an ekor.

"Tahun ini (2022) ada sedikit penambahan, khususnya untuk sapi. Tapi ini data sementara ya, karena petugas kita di lapangan masih mengumpulkan data," terang Dadan Sumarna.

Dadan Sumarna juga menuturkan, bahwa jumlah hewan kurban tahun 2022 tidak terpengaruh dengan kondisi pandemi Covid-19 yang sempat menghantam Indonesia.

"Antusias masyarakat dalam berkurban cukup tinggi, sama sekali tidak terpengaruh dengan kondisi pandemi," beber Dadan Sumarna.

Dadan Sumarna memastikan, pada saat ini hewan ternak yang dikurbankan ataupun tidak, dalam kondisi sehat, belum ditemukan tanda-tanda kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X