• Jumat, 12 Agustus 2022

Pemkab Kubu Raya Agendakan Kejuaraan Tarung Derajat Setiap Tahunnya

- Minggu, 26 Juni 2022 | 20:26 WIB
Kejuaraan Daerah Tarung Derajat tingkat Kabupaten/Kota yang digelar Pemkab Kubu Raya dalam rangka memeriahkan HUT ke 15 Kabupaten Kubu Raya. (Prokopim Kubu Raya)
Kejuaraan Daerah Tarung Derajat tingkat Kabupaten/Kota yang digelar Pemkab Kubu Raya dalam rangka memeriahkan HUT ke 15 Kabupaten Kubu Raya. (Prokopim Kubu Raya)

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berencana akan mengagendakan kejuaraan daerah olahraga Tarung Derajat setiap tahunnya, hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo saat acara penutupan Kejuaraan Olahraga Daerah Tarung Derajat tingkat Kabupaten/Kota dalam rangkaain peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kubu Raya, di Lapangan Futsal Gembira, Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (26/6/2027).

“Ini memang pertama kalinya Pemkab Kubu Raya menggelar Kejuaraan Daerah Tarung Derajat, ini akan kita jadikan agenda tahunan,” ujar Wabup Sujiwo yang juga Ketua Umum Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kalimantan Barat.

Wabup Sujiwo menerangkan saat ini Pemkab Kubu Raya baru bisa menganggarkan pengadaan peralatan, sehingga pelaksanaan Kejuaraan Tarung Derajat yang diselanggarakan ini ini tidak terlalu besar, untuk itu karena Kabupaten Kubu Raya sudah memiliki peralatan maka direncanaan Kajuaraan Tarung Derajat pada tahun-tahun berikutnya akan lebih besar termasuk uang pembinaan bagi atlet yang meraih prestasi.

Baca Juga: Seribuan Peserta Semarakkan Lomba Lari Maraton 10 K dan 5 K yang Digelar Pemkab Kubu Raya

“Kita perlu kaderisasi, petarung-petarung yang sudah berprestasi tentu pada kejuaraan yang akan dating, sperti PON, mereka sudah layak untuk ikut bertanding, maka kita harus punya kader dan genarasi penerusnya,” ujar Wabup Sujiwo.

Menurut Sujiwo Kejuaraan ini tentu juga menjadi cikal bakal bagi atlet-atlet untuk mengikuti dan maraih prestasi yang lebih baik lagi.

Ia menerangkan, Tarung Derajat ini kan merupakan cabang olahraga andalan di Kalimantan Barat. Terbukti pada PON di Riau, lalu di Jawa Barat, kemudian terakhir di Papua. Atlet Tarung Derajat Kalimantan Barat menyumbangkan medali emas untuk Kalimantan Barat.

“Bahkan di PON XX Papua itu, kontingen Kalbar hanya mampu mendapatkan 3 medali emas yang dua di antaranya itu merupakan sumbangsih atlet tarung derajat," katanya.

Sujiwo mengaku bangga akan torehan medali yang diraih atlet tarung derajat Kalbar di tiap gelaran PON. Namun di sisi lain, Ia turut merasa terbebani karena harus mempertahankan pencapaian tersebut di penyelenggaraan PON berikutnya. (jek)

Baca Juga: Kubu Raya Gelar Kejuaraan Daerah Olahraga Tarung Derajat

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Tags

Terkini

X