• Jumat, 12 Agustus 2022

Respon Demo Petani, DPRD Kalbar Jadwalkan Pemanggilan PT PSP HPI Agro

- Minggu, 26 Juni 2022 | 16:45 WIB
Ratusan petani sawit Peniti Kabupaten Mempawah mendatangi DPRD Kalbar mengadukan PT PSP HPI Agro karena dianggap curang dalam pembagian plasma, Kamis (24/6/2022).  (Insidepontianak.com/Ist)
Ratusan petani sawit Peniti Kabupaten Mempawah mendatangi DPRD Kalbar mengadukan PT PSP HPI Agro karena dianggap curang dalam pembagian plasma, Kamis (24/6/2022). (Insidepontianak.com/Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.comKomisi II DPRD Kalbar telah menjadwalkan pemanggilan pihak perusahaan perkebunan sawit PT PSP HPI Agro pada Selasa (28/6/2022).

Pemanggilan ini merupakan bentuk respon aksi demonstrasi petani di gedung DPRD Kalbar terkait polemik pembayaran plasma yang diklaim petani tidak sesuai.

Saat demo itu, para petani menuding dicurangi perusahaan. Atas polemik ini, Komisi II DPRD Kalbar pun akan memanggil semua pihak.

"Iya, semua pihak," kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalbar Suib, kepada Insidepontianak.com, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga: Gubernur Sutarmidji Janji Cari Solusi Selamatkan Tenaga Honorer Tahun 2023

Sueb mengatakan, pemanggilan terhadap pihak perusahaan dan perwakilan petani itu akan berlangsung di Gedung DPRD Kalbar sekitara pukul 09.00 WIB.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara DPRD dan petani, yang belum menghasilkan kesepakatan.

Diberitakan sebelumnya, Koordinator Lapangan, Jailani mengatakan, para petani merasa dicurangi oleh pihak perusahaan.

Pasalnya, bagi hasil yang diberikan perusahaan kepada petani dinilai tidak adil. Para petani hanya dibayar rata-rata Rp50 sampai Rp80 ribu per satu hektar lahan.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rutan II B Bengkayang Butuh Alat Deteksi Narkoba

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:48 WIB
X