• Jumat, 12 Agustus 2022

Pemkab Kubu Raya dan DJPb Kalbar Kerja Sama Pengelolaan Keuangan

- Minggu, 26 Juni 2022 | 12:40 WIB
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan (Antara)
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan (Antara)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya bersama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Barat melakukan kerja sama terkait pengelolaan keuangan.

"Pembahasan nota kesepahaman (MoU) ini bertujuan untuk memanfaatkan bersama data dan informasi serta menguatkan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya," kata Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Sabtu (25/6/2022).

Hal hal, katanya, ini merupakan satu diantara strategi Kubu Raya untuk menguatkan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah di Provinsi Kalbar.

“Dengan terjalinnya Mou ini lebih untuk memantik dan mendorong serta memberi akses dalam memudahkan bagi pemda Kubu Raya dalam berkonsultasi dan berkomunikasi bersama semua pihak lainnya," tuturnya.

Baca Juga: Kubu Raya Mendapatkan Vaksin PMK Pertama di Kalbar, Bupati Muda Apresiasi Kementan dan Pemprov

Menurut Muda Mahendrawan, MoU ini merupakan dorongan agar Pemda Kubu Raya lebih punya inovasi tertentu, satu diantaranya mempercepat daya serap anggaran, termasuk juga kinerja Pemda Kubu Raya untuk memaksimalkan hal-hal yang sifatnya berpengaruh terhadap upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Yang tadinya kita bisa mencapai 10 persen dan pada tahun ini kita terus berupaya mencari format bagaimana agar dengan inovasi-inovasi itu, investasi yang lebih cepat, perizinan yang dimudahkan, pelayanan publih yang lebih baik juga akan berdampak pada pergerakan ekonomi yang akan menghasilkan daya beli, sehingga angka pengangguran juga akan berkurang," katanya.

Bupati Muda optimis, jika hal itu bisa dilakukan dengan cepat dan baik maka PAD secara terus-menerus akan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Termasuk juga dalam serapan Kredit Usaha Raya (KUR) dan UMKM yang dinilai sangat luar biasa dampaknya dan Kanwil DJPb juga secara intens dan produktif melakukan diskusi bersama Pemkab Kubu Raya.

"Sifanya itu bagaimana mendorong Pemkab Kubu Raya dalam penggunaan Dana Alokasi Umum (DAU) dan institusi lainnya yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sehingga langkah ini juga bisa menjadi pendorong bagi produk-produk UMKM," kata Muda.

Dengan MoU ini, Bupati Muda merasa optimis Kubu Raya akan lebih produktif dalam meningkatkan capaian serapan anggaran yang lebih baik lagi kedepannya.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X