• Selasa, 28 Juni 2022

Tangkal Omicron BA4 dan BA5, Dinkes Sambas Imbau Masyarakat Segera Vaksin Booster

- Jumat, 24 Juni 2022 | 16:30 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Hendi Wijaya. (Insidepontianak.com/Ist)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Hendi Wijaya. (Insidepontianak.com/Ist)

SAMBAS, insidepontianak.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Hendi Wijaya mengimbau masyarakat agar segera disuntik vaksin ketiga (booster) guna mencegah subvarian baru Covid-19 Omicron BA4 dan BA5, Jumat (24/5/2022).

Hendi Wijaya meminta masyarakat tidak khawatir dengan virus Covid-19 varian baru tersebut. Sebab, normalnya setiap virus akan terus bermutasi untuk bertahan hidup. Sementara manusia harus memperkuat imunitas tubuh sebagai pertahanan diri.

"Sebagai wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia, kita di sini rawan terpapar varian baru tersebut. Untuk itu langkah-langkah preventif perlu dilakukan. Salah satunya dengan menggencarkan vaksin dosis ketiga," kata Hendi Wijaya.

Baca Juga: Pemkot Pontianak Kalimantan Barat Siapkan Beasiswa untuk Anak-anak Tak Mampu

Hendi Wijaya mengatakan, saat ini akses masyarakat menuju fasilitas kesehatan sangat mudah. Terutama untuk memperoleh vaksin Covid-19. Seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Sambas membuka jadwal layanan vaksin setiap hari tanpa portabilitas.

"Dipersilahkan kepada masyarakat untuk memperoleh vaksin booster dari Senin sampai Sabtu, terbuka untuk masyarakat di seluruh Puskesmas. Bahkan tidak ada portabilitas, masyarakat dari manapun bisa meminta vaksin di Puskesmas manapun," ucap Hendi Wijaya.

Hendi Wijaya mencontohkan, misalnya masyarakat dari kecamatan manapun bisa memperoleh vaksin Covid-19 ke Puskesmas manapun. Bahkan masyarakat dari luar Kabupaten Sambas juga dilayani. Dengan syarat membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca Juga: Yuan Kembali Menguat 79 Basis Poin terhadap Dolar AS

"Inilah upaya kita untuk mengejar herd immunity (kekebalan komunitas), sehingga varian baru dari Covid-19 ini bisa ditangkal. Kalau kekebalan komunitas sudah terbentuk, maka wabah itu akan mereda dengan sendirinya," tegasnya.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X