• Sabtu, 25 Juni 2022

Volume Sampah di Sanggau Meningkat, Agus Sukanto: Armada Angkut Banyak Rusak

- Jumat, 24 Juni 2022 | 09:53 WIB
Agus Sukanto
Agus Sukanto

SANGGAU, insidepontianak.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sanggau, Agus Sukanto mengakui volume sampah, khususnya di dalam Kota Sanggau meningkat.

Diperkirakannya, sampah yang dihasilkan warga Kota Sanggau mencapai 48 meter kubik perhari dan bisa mencapai 60 meter kubik di hari raya.

Di sisi lain, lanjut Agus Sukanto, armada angkutan sampah sangat terbatas. Ditambah lagi, beberapa armada sudah banyak yang mengalami kerusakan.

Baca Juga: Dewi Perssik Digugat Cerai Angga Wijaya, Padahal Rela Tak Dinafkahi hingga Harus Berjuang Sendiri

"Untuk TPS kita hanya punya 147 buah dengan 10 unit countainer,” kata Agus Sukanto.

"Kita hanya punya dua amrol. Itupun kadang bermasalah. Kemudian, dari 11 kendaraan pengangkut sampah yang kita punya, yang lolos KIR hanya tiga, itu juga jadi persoalan," sambung Agus Sukanto.

Kemudian, terkait tumpukan sampah di jalan H. Agus Salim, simpang pasar Jarai yang dikeluhkan masyarakat sekitar, Agus Sukanto menjelaskan penyebabnya. Pertama, warga sekitar tidak taat dengan waktu jam buang sampah.

"Sesuai dengan surat edaran Bupati Sanggau, bahwa jam buang sampah dimulai dari pukul 18.00 Wib sampai pukul 06.00 Wib pagi hari. Nah, jam buang sampah ini yang tidak ditaati," terang Agus Sukanto.

Kedua, lanjut Agus Sukanto, pihaknya kesulitan menempatkan lokasi tempat sampah karena kesulitan mendapatkan izin warga.

"Jadi, kami hanya menempatkan disatu titik saja di area itu," ungkap Agus Sukanto.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X