• Minggu, 26 Juni 2022

Disabilitas Punya Hak Pilih, Bawaslu Sanggau: Mereka Harus Dapat Pemahaman Kepemiluan

- Rabu, 22 Juni 2022 | 15:58 WIB
Bawaslu Kabupaten Sanggau menggelar Sosialisasi Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas di Hotel Emerald, Rabu (22/6/2022).
Bawaslu Kabupaten Sanggau menggelar Sosialisasi Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas di Hotel Emerald, Rabu (22/6/2022).

SANGGAU, insidepontianak.com - Bawaslu Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat menggelar sosialisasi Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas di Hotel Emerald, Rabu (22/6/2022).

Sosialisasi melibatkan 30 orang peserta disabilitas yang berasa dari beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Sekayam, Kembayan Parindu dan Kecamatan Kapuas.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Sanggau, Ahmad Zaini mengatakan bahwa kaum disabilitas punya hak pilih dan wajib mendapat perhatian dan pemahaman yang sama tentang kepemiluan.

Baca Juga: Seorang PNS BPBD Sambas Terdakwa Kasus Narkoba Diberhentikan Sementara

"Sebagai informasi bahwa perlindungan hukum hak pilih bagi penyandang disabilitas telah ditegaskan dalam Pasal 27 Ayat (1), Pasal 28D Ayat (3), dan pasal 28E Ayat (3) UUD 1945," ujar Ahmad Zaini.

"Demikian halnya dengan ketentuan Pasal 43 Ayat (1) UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM, UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, dan ketentuan teknis yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu," sambung Ahmad Zaini.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kalimantan Barat, Faisal Riza menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan semangat peserta dalam mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Ia menegaskan hak pilih disabilitas harus diakomodir. 

"Kami bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya untuk keterlibatan kelompok disabilitas pada hari ini karena mereka punya hak pilih," ucap Ahmad Zaini.

Ahmad Zaini mengungkapkan, semangat kegiatan ini sederhana, dasarnya adalah negara ini milik bersama. Bagaimana negara hadir dengan memberikan hak pilih kepada para disabilitas

"Sehingga setiap orang memiliki hak yang sama untuk terlibat aktif dalam proses penyelenggaraan pemilu ke depan yang lebih baik," terang Ahmad Zaini.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X