• Minggu, 26 Juni 2022

Marak Selundupan Narkoba Lintas Negara, DPRD Sanggau Ingatkan Jalur Tikus Perbatasan yang Rentan Diterobos

- Selasa, 21 Juni 2022 | 15:41 WIB
 Satgas Pamtas dan Imigrasi memasang spanduk larangan perbuatan ilegal pada jalur-jalur tikus yang ada di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.   (Foto ANTARA/HO)
Satgas Pamtas dan Imigrasi memasang spanduk larangan perbuatan ilegal pada jalur-jalur tikus yang ada di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia. (Foto ANTARA/HO)

SANGGAU, insidepontianak.com - Maraknya selundupan narkoba lintas negara di jalur tikus perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat harus ada penanganan lintas sektor, tidak bisa hanya kepolisian.

Lintas sektor tersebut seperti TNI, Polri dan BIN untuk menangani persoalan jalur tikur perbatasan. Demikian yang diungkapkan Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam saat ditemui insidepontianak.com, Selasa (21/6/2022).

"Mengingat Kalbar jalur tikus perbatasan ini terbuka dengan luas untuk didarat, belum lagi sungai, ini orang bisa akses sehingga demikian sangat gampang untuk menerobos masuk ke ibukota, itu terminalny bisa Kalbar yang sangat berpotensi," ungkap Acam.

Baca Juga: Kasus Kekerasan Seksual Anak di Sanggau, Herlina Rita: Orangtua Jangan Takut untuk Bicara

Selain itu juga, dikatakan Acam, Kabupaten Sanggau secara khusus berada pada jalur yang sangat strategis sehingga banyak terdapat jalur tikus perbatasan.

"Berada di tengah-tengah bisa dikatakan sebagai terminal untuk lima kabupaten diatasnya, ke sektor utara. Kemudian kesektor timur itu menghubungkan antara dua Provinsi yaitu Kalteng dan Kaltim," ujar Acam.

Maka dengan demikian, lanjut Acam, Kabupaten Sanggau harus menjadi titik tumpu yang mestinya diperhatikan dengan spesial secara khusus.

"Ini sudah terjadi beberapa kali, narkoba yang jumlahnya cukup spektakuler masuk melalui pintu di Kalbar, jalur border secara khusus Entikong-Malaysia dan jalur-jalur tikus lainnya" beber Acam.

Oleh karena itu, Acam berharap ada gabungan lintas sektor dan kalaborasi bersama untuk memberantas peredaran narkoba tersebut. Terutama di jalur tikus di perbatasan.

"Sebagai upaya kita untuk penanggulangi penanganan narkoba di kalbar ini," harap Acam.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X