• Jumat, 7 Oktober 2022

Jumlah Pupuk di Sanggau Tak Tepenuhi, Kuota dari Pemerintah Hanya Terealiasi 40 Persen Lebih

- Selasa, 21 Juni 2022 | 15:05 WIB
Ilustrasi pupuk (Jabodetabek.Id)
Ilustrasi pupuk (Jabodetabek.Id)

SANGGAU, insidepontianak.com - Dinas Ketahanan Panganan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau mengeluhkan kuota pupuk untuk Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat tidak terpenuhi sesuai kebutuhan.

Dari kuota pupuk untuk Kabupaten Sanggau yang diberikan pemerintah, ypuang terealisasi baru mencapai 40-60 persen. Padahal, kebutuhan pupuk di Sanggau cukup besar.

"Analisasi kami itu terakomodir 40-60 persen dari kebutuhan pupuk di Sanggau. Kenapa bisa tidak terpenuhi, karena keterbatasan anggaran pusat memberikan subsidi," kata Kepala DKPTPHP Sanggau, Kubin, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Longsor di Sukabumi, Tim Gabungan Tutup Akses Jalan

Pemerintah daerah, lanjut Kubin, tentu tidak tinggal diam dalam menyikapi kekurangan kuota pupuk subsidi tersebut.

Satu di antara langkah yang ditempuh Pemkab Sanggau, diungkapkan Kubin, melalui DKPTPHP Sanggau adalah dengan menyurati Kementerian Pertanian guna meminta tambahan kuota pupuk menjadi seratus persen.

"Tapi melihat kondisi keuangan Pemerintah Pusat memang kurang mampu, karena yang diberikan subsidi bukan hanya kita tapi seluruh petani di Indonesia. Minimal ada tambahan lah diatas 60 persen tadi," ungkap Kubin.

Kepada petani yang belum tersentuh pupuk subsidi, dia berharap tetap melakukan pemupukan, tetapi dengan menggunakan pupuk non subsidi yang harganya diberlakukan sesuai mekanisme pasar.

"Kalau tidak gunakan pupuk khawatirnya hasil produksi tidak sesuai yang diharapkan. Bisa juga menggunakan pupuk anorganik yang pernah kami sampaikan ke petani. Misalnya menggunakan campuran micin dengan kelapa, bekas rendaman beras, diaduk jadi satu sesuai takarannyalah sebagai Inang, kemudian disiramkan ditanaman, itu juga bagus," pungkas Kubin.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X