• Minggu, 26 Juni 2022

DTPKPHP Sanggau: Petani Harus Bisa Manfaatkan Lahan Secara Maksimal

- Selasa, 21 Juni 2022 | 14:42 WIB
Kepala DTPKPHP Sanggau, Kubin
Kepala DTPKPHP Sanggau, Kubin

SANGGAU, insidepontianak.com - Dinas Tanaman Pangan, Ketahanan Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DTPKPHP) Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat berharap lahan pertanian yang ada bisa dimanfaatkan petani secara maksimal.

"Secara ekonomis tentu hasil pertanian ini bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Harapan saya, lahan pertanian yang ada dimaksimalkan. Kami dari Pemerintah Daerah siap membantu para petani untuk meningkatkan produksi," kata Kepala DTPKPHP Sanggau, Kubin, Selasa (21/6/2022).

Dia mengungkapkan, pada tahun 2021, luas pertanian untuk tanaman padi bertambah 5.769 hektar dari luas lahan keseluruhan 25.496.

Baca Juga: Takut Naik Pesawat? Mungkin Anda Alami Aerophobia! Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

"Jadi, kita ada penambahan lahan pertanian untuk produksi. Kalau kita rata-rata perhektar 2,36 ton dikalikan luas lahan tambahan 5.759 hektar maka produksi tambahan kita sebesar 13.643 ton. Itu belum termasuk lahan kering, tapi untuk lahan kering belum kita data," kata ujar Kubin.

Ketika ditanyai berapa penambahan luas lahan baru di tahun 2022, Kubin mengakui saat ini pihaknya masih melakukan pendataan.

"Tahun 2022 ini petugas kita masih melakukan pendataan,” ungkap Kubin.

Kubin memastikan, hasil produksi padi saat ini yang ditanam petani cukup untuk kebutuhan lokal.

"Ada beberapa beras kita yang sudah dipasarkan di luar, dengan packeging yang baik tentunya," pungkas Kubin. ***

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X