• Minggu, 26 Juni 2022

Bawaslu Sanggau Kalimantan Barat Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024

- Senin, 20 Juni 2022 | 17:38 WIB
Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat (PHL) Bawaslu Sanggau, Ahmad Zaini./ Istimewa
Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat (PHL) Bawaslu Sanggau, Ahmad Zaini./ Istimewa

SANGGAU, insidepontianak.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sanggau menyiapkan meja layanan untuk pendaftaran pemantau Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat (PHL) Bawaslu Sanggau, Ahmad Zaini mengatakan meja layanan pemantau Pemilu 2024 ini menjadi sarana yang wajib disediakan di sekretariat Bawaslu kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

"Kami berharap meja Layanan pemantau Pemilu 2024 itu dapat meningkatkan partisipasi dalam pemantauan pemilu, baik dalam jumlah lembaga dan perseorangan yang terakreditasi, maupun dalam hal aktivitas dan fokus pemantauannya," kata Ahmad Zaini, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Karolin Margret Natasa Minta Pengurus Cari Bibit Atlet untuk Pemaksimalan FORKI Kalbar

Ahmad Zaini menerangkan, pemantau Pemilu 20024 sejatinya adalah mitra strategis bagi Bawaslu Kabupaten Sanggau.

"Maka dari itu kami (Bawaslu) berkewajiban untuk membuka akses informasi seluas-luasnya kepada pemantau pemilu demi terciptanya pengawasan pemlu yang demokratis," ujar Ahmad Zaini.

Sebagai lembaga yang diberi kewenangan untuk mengawasi pemilu, lanjut Ahmad Zaini, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemantauan pemilu.

"Silahkan datang ke kantor kami dan kami siap memfasilitasi individu yang terpanggil untuk melakukan pemantauan pemilu agar dapat bergabung dengan lembaga pemantau pemilu berbadan hukum," harap dia.

Diungkapkan Ahmad Zaini, meja layanan pemantau Pemilu 2024 merupakan sumber daya bagi Bawaslu untuk memberi informasi, dukungan, dan layanan pendaftaran organisasi dan perseorangan untuk mendapatkan akreditasi atau legalitas sebagai pemantau pemilu.

Selain itu juga, meja layanan pemantau Pemilu 2024 itu juga menjadi wadah bagi Bawaslu untuk berkomunikasi dengan pemantau pemilu dalam melaksanakan tugas pemantauan pemilu, termasuk juga melaporkan hasil pemantauannya.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X